IIMS 2019 Live Report : Hyundai Luncurkan Kona Untuk Pasar Indonesia!

Suatu hal yang tidak diduga-duga datang dari pabrikan asal Korea, yakni Hyundai. Ya, di gelaran IIMS 2019 ini, mereka secara resmi meluncurkan Compact SUV mereka yakni Hyundai Kona. Hal tersebut dilakukan oleh Hyundai Mobil Indonesia yang melihat tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap segmen SUV.

Kona yang dijual untuk pasar Indonesia merupakan varian GLS, sehingga memang tampaknya seperti varian entry level. Di bagian depannya, terlihat Kona memiliki desain kekinian Hyundai dengan model lampu 3-layer berteknologi LED. Sayangnya Kona pasar Indonesia tidak dilengkapi dengan foglamp.

Kona memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.565 mm dan wheelbase 2.600 mm sehingga memang ia terlihat Kompak dari samping. Desainnya juga terlihat cukup nyentrik dengan bentuk add-on over fender yang besar. Velg-nya berukuran 17 inch single tone yang dibalut dengan ban berukuran 215/55 R17.

Beralih ke bagian belakangnya, tampak desainnya yang satu tema dengan bagian depannya. Brake lamp dan LED positioning lamp-nya berada di atas, sedangkan turn signal lamp dan reverse lamp nya berada terpisah dibawah. Ia memiliki upper spoiler yang sudah terintegrasi dan lower bumper protector seperti halnya kebanyakan SUV.

Masuk ke bagian dalamnya. Kita disuguhkan dengan desain interior yang cukup modern dan cukup kekinian. Ada beberapa aksen di interior yang warnanya akan menyesuaikan dengan warna mobil, seperti pada kisi AC, tuas transmisi, jahitan jok dan seatbelt agar nampak lebih funky.

Apabila mobilnya berwarna Acid Yellow, maka beberapa aksen diatas akan memiliki warna kuning kehijauan juga. Tapi untuk warna lain (Merah, putih, hitam dan abu-abu) akan memiliki aksen berwarna merah. Kemudian ia juga dilengkapi dengan head unit 9 inch berbasis android murni, sehingga respon kinerjanya cukup cepat.

Nuansa interior Kona berwarna hitam, dengan balutan soft-touch di beberapa panel interiornya. Untuk posisi mengemudinya cukup ergonomis, berkat kehadiran pengaturan stir tilt + telescopic dan kursi dengan height adjuster. Sedangkan untuk penumpang, masih cukup nyaman meski ruang di baris kedua cukup terbatas.

Masalah bagasi, memang kapasitasnya tidak sebesar para pesaingnya. Ia memiliki kapasitas sebesar 361 liter apabila kursi ditegakkan. Namun bila kursi baris kedua dilipat (Dengan konfigurasi pelipatan 60:40), kapasitas bagasinya bertambah menjadi 1.143 liter. Bisa dikatakan, Kona cukup fleksibel untuk penggunaan sehari-hari.

Berlanjut ke fiturnya, Hyundai Kona memiliki kelengkapan yang cukup serupa dengan para kompetitornya. Sebut saja seperti smart key terintegrasi ignition button, 3.5 inch MID, 9 inch entertainment system, digital auto AC, reverse camera, dan beberapa fitur lainnya.

Sedangkan untuk fitur keselamatannya, ia juga serupa seperti para kompetitornya. Kona sudah dilengkapi dengan 6 airbags, ABS, ESC, Hill-Assist Control (HAC), Downhill-Brake Control (DBC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dan lainnya.

Urusan performanya, Hyundai memberi Kona versi pasar Indonesia dengan pilihan mesin NU 2.0L naturally aspirated dengan teknologi Atkinson Cycle. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 PS dan torsi sebesar 179 Nm. Mesin tersebut digabungkan dengan transmisi otomatis torque converter 6-speed.

Hyundai mematok harga untuk perkenalan sebesar 363,9 Juta Rupiah. Cukup terjangkau daripada para kompetitornya. Tapi menurut anda, apakah harganya sudah sebanding dengan apa yang didapatkan? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar! (TCI)