Wuling Cortez MY 2019 Siap Meluncur, Apa Bedanya Dengan Sebelumnya?

Sudah menjadi rahasia umum, Wuling Motors Indonesia akan meluncurkan Wuling Cortez Model Year (MY) 2019 yang dilengkapi dengan varian mesin Turbo dan beberapa penyegaran (facelift). Banyak sekali spekulasi yang beredar diluar sana mengenai berbagai macam fitur dan tambahan pada Wuling Cortez MY 2019 ini. Namun apakah semua spekulaasi tersebut benar adanya?

Nah, kali ini kami berkesempatan untuk membedah beberapa fitur yang akan disematkan pada Wuling Cortez MY 2019. Bertempat di dealer Wuling Motors di bilangan Tangerang Selatan, unit yang tersedia merupakan varian tengah (1.5T C Lux) dan varian tertingginya (1.5T L Lux+). Lalu, apa yang membuat Wuling Cortez MY 2019 berbeda?

  • Eksterior

Hal yang paling mencolok di bagian eksterior Wuling Cortez MY 2019 adalah bagian front upper grille-nya. Desainnya memang disegarkan dengan aksen krom yang berkumpul di tengah, tapi kami lebih cenderung menyukai grille lama yang terkesan mewah. Sayangnya, kami tidak menemukan kamera depan dibawah logo 5 berlian, yang mengartikan Cortez MY 2019 masih belum mendapatkan around view monitor.

Kemudian terdapat outer handle yang kini memiliki aksen krom minimalis di bagian tengahnya saja. Senada dengan bagian depannya, tidak terdapat kamera pada spionnya. Di bagian belakangnya memang tidak ada perubahan, hanya naiknya emblem Wuling dan Cortez serta hadirnya emblem Turbo berwarna merah. Selebihnya, Cortez MY 2019 ini sama seperti sebelumya.

  • Interior

Unit yang kami lihat ini belum dapat dibuka, tapi kami masih dapat melihat bagian dalamnya. Terlihat Cortez MY 2019 menggunakan interior berwarna hitam dengan panel kayu berwarna abu-abu (varian L). Jok juga mendapatkan warna baru, yakni perpaduan antara warna hitam dengan putih. Namun sepertinya Wuling Indonesia tidak memboyong mekanisme jok terbaru pada Cortez MY 2019 ini.

  • Fitur

Untuk fiturnya, Cortez MY 2019 sama lengkap seperti sebelumnya. Tambahannya hanya sebuah push start-stop engine button. Fitur seperti cruise control, around view monitor, rear defogger, dan Infinity audio ternyata tidak masuk ke jalur produksi, karena penambahan fitur-fitur tersebut berpotensi menaikkan harga dari Cortez.

Tapi disini, kami mendapatkan banyak berita simpang siur. Ada yang menyatakan fitur-fitur tersebut memang tidak dimasukkan, ada yang menyebutkan jika fitur tersebut menjadi sebuah opsional atau aksesoris, dan ada yang mengatakan fitur-fitur tersebut akan tersedia meski hanya di varian tertingginya saja. Namun untuk validnya, ia akan diumumkan pada saat peluncurannya nanti.

  • Performa

Inilah hal yang menarik pada Cortez MY 2019. Mesin 1.8L akan diganti dengan unit mesin LL5 berkapasitas 1.5L dengan Turbocharger. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 140 HP dan torsi sebesar 250 Nm. Sejalan dengan mesinnya, transmisi i-AMT 5 percepatan akan diganti dengan transmisi CVT 8-speed yang serupa dengan milik Wuling Almaz.

Kabarnya, Cortez MY 2019 dengan mesin 1.5L Turbo akan mendapatkan 4 buah varian, yakni S Manual, C Manual, C Lux CVT dan L Lux CVT. Sedangkan varian 1.5L masih memiliki varian yang sama, yakni S Manual dan C Manual. Rentang harganya pun sepertinya akan mengalami kenaikan dari model sebelumnya, kira-kira akan berada di kisaran 200 Juta Rupiah untuk varian terendah sampai 285 Juta Rupiah untuk varian tertingginya.

Seperti itulah informasi yang kami dapatkan dari Wuling Cortez MY 2019. Memang beberapa masih simpang siur meningat pihak Wuling Motors Indonesia sendiri masih merahasiakannya juga. Kalau menurut anda, apakah Cortez MY 2019 ini cukup menarik? (TCI)