Menebak Model Terbaru Honda Di GIIAS 2019

Honda sekarang sedang banyak sekali aktivitasnya dalam perkembangan otomotif dunia. Mereka sudah buka selubung dari versi produksi Honda Urban EV, yaitu Honda E. Dan mereka baru saja mengumumkan platform modular mereka yang baru, yakni Honda Architecture. Kabarnya, Honda Architecture ini akan digunakan pada Honda Jazz generasi berikutnya. Dan kemungkinan model berikutnya adalah Honda HR-V dan Honda City, mengingatkan mereka berdua menggunakan sasis dari Honda Jazz.

Dan kebetulan, sebentar lagi akan digelar pameran otomotif terbesar di Indonesia, dan merupakan kelas dunia. Apalagi kalau bukan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS 2019). Nah, selama ini Honda selalu membawa surprise dalam pameran otomotif di Indonesia. Semuanya berawal dari tahun 2012, dimana Honda melakukan World Premiere dari Honda CR-Z facelift di Indonesia pada IIMS 2012. Dan antusiasme ini berlanjut pada tahun 2013, dimana Honda Mobilio, LMPV yang saat itu sempat booming melakukan World Premiere dalam IIMS 2013.

Photo: Carscoops

Dan lagi-lagi pada tahun 2014, Honda melakukan ASEAN Regional Debut dari Honda HR-V. Untuk 2015, semuanya berubah karena ada GIIAS 2015, namun Honda tetap melakukan World Premiere Honda BR-V dan berlanjut pada tahun 2016 pada GIIAS 2016 dengan membawa Civic Hatchback Prototype untuk ASEAN Premiere. Dan antusiasme Honda melakukan World/ASEAN/Local Premiere ini masih berlanjut dengan meluncurkan Honda Civic Type R pada GIIAS 2017, dan All New Honda Brio pada GIIAS 2018.

Nah, bagaimana dengan GIIAS 2019 yang sebentar lagi akan digelar pada bulan Juli tahun ini? Nah, memang baru Honda Accord yang sudah confirm untuk launching untuk GIIAS 2019. Namun jika dipikirkan lagi, Honda harusnya meluncurkan model yang merupakan kurang lebih World Premiere atau Regional Premiere. Dan itu mengarah ke pertanyaan yang berikut: Model apakah yang Honda akan meluncurkan? Kita sebut saja beberapa model-model Honda yang bisa saja meluncur pada acara gelaran yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City.

Photo: Honda Indonesia

Yang pertama adalah Honda Jazz. Honda Jazz merupakan model Honda yang sangat amat laris di Indonesia, bahkan di dunia juga, selain Honda HR-V, CR-V dan Civic. Honda pun sudah konfirmasi bahwa Jazz model terbaru ini akan keluar pada akhir tahun ini, dengan menggunakan platform Honda Architecture, yakni platform modular Honda yang baru. Namun, jika All New Jazz keluar pada GIIAS 2019, bisa saja ini hanya sekedar preview saja, karena Honda mengatakan bahwa model ini baru mulai diluncurkan pada Oktober 2019.

Dan model kedua dalam daftar berikutnya adalah Honda Mobilio. Mengapa Mobilio? Kebetulan, ada dua faktor. Pertama adalah faktor usia. Mobilio sudah berumur 5 tahun, dan itu berarah kepada faktor kedua, yakni persaingan yang semakin ketat. Dengan hadirnya Xpander, Confero S, All New Ertiga, Livina, dan New Avanza, Mobilio sedang berusaha untuk tetap survive dalam pasar LMPV dan ia baru saja mengalami kenaikan wholesales dari 1.000 unit menjadi 2.000 unit. Namun, itu bukan berarti bahwa Mobilio merupakan model paling tua kedua, setelah Avanza yang konon akan keluar model barunya tahun depan juga.