Toyota New Granvia, Versi Mewah Toyota Hiace

Dulu, Toyota sempat memiliki lineup bernama Granvia. Mobil tersebut merupakan sebuah Van Mewah yang berbasis dari Toyota Hiace generasi keempat. Namun seiring dengan peralihan Hiace ke generasi berikutnya (kelima) dan penghentian produksi generasi keempatnya, nama Granvia tidak dilanjutkan lagi.

Tapi setelah peluncuran Hiace generasi keenam beberapa waktu lalu, Toyota memberi kejutan dengana menghidupkan kembali nama Granvia. Sama seperti pendahulunya, New Granvia dibuat lebih mewah dan premium dibanding basisnya, yakni Toyota Hiace generasi keenam. Nah, apa yang membuat New Granvia tampil lebih mewah?

Toyota New Granvia ini hadir layaknya Mercedes-Benz V-Class dan Volkswagen Caravelle, dimana mobil ini merupakan Commercial Vam yang diberikan sentuhan kemewahan. Target pasarnya pun juga berubah, dari pasar fleet menjadi umum.

Dari luarnya saja, dapat dilihat bahwa New Granvia memiliki detail yang berbeda dari Hiace. Bumper depan lebih mewah, headlamp full LED, side skirt, velg dual-tone 18 inch, rear upper spoiler, dan aksen pintu bagasi yang berbeda. Nampak jauh lebih mewah dari Hiace, dan nampak lebih niat daripada rivalnya.

Berlanjut ke bagian interiornya, disinilah sisi kemewahan dari New Granvia yang paling ketara. Di Jepang, Granvia lama digantikan oleh Toyota Alphard, dan pasti banyak yang sudah tau bagaimana kemewahannya. Nah, kalau di Granvia, tingkat kemewahannya setara dengan itu. Hal yang unik dari New Granvia ialah konfigurasi joknya.

Ia ditawarkan dengan 3 jenis konfigurasi jok, dengan rincian 2 konfigurasi 9-seater dan 1 konfigurasi 6-seater tergantung variannya. Untuk varian terendah (9-seater), 3 baris jok belakang menggunakan jenis captain seat. Lalu varian tengah (9-seater), jok baris kedua menggunakan jenis pilot seat dan 2 baris jok sisanya menggunakan jenis captain seat.

Sedangkan untuk varian tertinggi (6-seater), 2 baris jok belakang menggunakan model pilot seat. Bagusnya ialah, pilot seat yang digunakan serupa dengan milik Toyota Alphard. Untuk menambah kenyamanan, ia dilengkapi dengan ambient light, USB charger di tiap baris, dan memiliki audio dengan speaker sebanyak 12 buah.

Kalau di kabin depan, unsur kemewahannya terpancar dari penggunaan aksen wood panel dan brush metal di beberapa bagian. Kemudian terdapat pengaturan AC digital, ignition button (push start-stop button), cruise control, dan penggunaan setir yang serupa dengan milik Toyota Kijang Innova.

New Granvia memiliki fitur yang terbilang cukup komplit. Sebut saja 9 airbags, ABS+EBD, VSC, keyless entry yang terintegrasi dengan ignition button, bahkan New Granvia juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense.

Performa New Granvia juga cukup menarik. Ia dibekali dengan mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.8L turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Memang serupa dengan Hiace, tapi Granvia lebih baik outputnya. Tercatat mesin ini dapat menghasilkan tenaga 177 PS dan torsi 450 Nm.

New Granvia baru tersedia di Taiwan dan Australia saja. Untuk pasar Australia, New Granvia berperan untuk menggantikam Toyota Tarago (Estima/Previa) yang baru saja dihentikan penjualannya. (TCI)