Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Berpergian Jarak Jauh Dengan Mobil

Sekarang, masyarakat lebih memilih berpergian jarak jauh dengan kendaraan pribadinya, khususnya menggunakan mobil. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, Salah satunya karena infrastruktur jalan yang memadai dan fleksibilitas yang tinggi.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara jarak jauh. Tentu hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada perjalanan jauh nanti. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

Hasil gambar untuk car mechanic
sumber: oriellycc.com
  1. Periksa kondisi kendaraan anda. Sebelum berpergian jarak jauh, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima. Periksa bagian-bagian penting seperti cairan radiator, oli, minyak rem dan sebagainya. Kasarnya, lakukan servis ringan untuk mengetahui kondisi kendaraan anda
  2. Cek kondisi ban serep (spare tire). Pastikan kondisi ban serep anda, baik dalam tekanan maupun bentuk fisik. Walaupun mobil anda masih baru, alangkah baiknya untuk tetap mengecek kondisi ban serep.
  3. Rencanakan secara matang. Rencanakanlah kemana, kapan, dan lewat mana anda akan pergi. Rencanakan juga apa yang akan anda bawa. Sehingga anda tak merasa bingung dan frustasi.
  4. Persiapkan kartu khusus untuk pembayaran di gerbang tol. Siapkan kartu tol anda. Cek jumlah saldo dalam kartu tol anda. pastikan saldo-nya cukup untuk rute yang anda akan lewati.
  5. Bawa barang seperlunya. Bawalah barang yang kemungkinan diperlukan dalam perjalanan anda. Jangan membawa barang secara berlebihan, apalagi sampai melebihi kapasitas yang ditentukan pabrikan mobil. Bawalah snack secukupnya, dan makanan utama (main course) jika memang diperlukan. Jangan lupa bawa obat-obatan untuk mengantisipasi jika ada penumpang yang sakit.
  6. Istirahat dengan cukup. Terutama untuk pengemudi, istirahatlah dengan cukup sebelum mengemudi jarak jauh, agar tak mengantuk saat mengemudi. Dan jika anda mulai merasa lelah saat mengemudi, istirahatlah. Jangan paksakan. Usahakan ada yang dapat menggantikan apabila anda lelah, agar perjalanan menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berpergian jarak jauh. Juga, jangan lupa berdoa ke yang maha kuasa memohon keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan anda.