Renault Koleos Facelift – Berubah Tipis, Jeroan Baru

Renault akhirnya memperkenalkan Koleos facelift, tiga tahun sejak generasi kedua ini diluncurkan perdana pada 2016 silam. Koleos facelift sendiri rencananya baru akan dijual massal bulan Oktober mendatang.

Di bagian eksterior, sepintas memang tidak ada bedanya dengan versi yang sudah beredar. Namun jika dilihat lebih jeli, akan terlihat perbedaan di bagian bumper depan dan belakang. Bunper depan kini dihiasi aksen silver yang lebih tebal di sekeliling housing foglamp, dimana kini desainnya dibuat menyatu dengan airdam depan. Grille depan juga mengalami sedikit perubahan.

Sumber : Renault

Di bagian samping, tidak ada perubahan yang terlalu berarti selain motif pelek 18 dan 19 inci yang juga disegarkan. Sementara di belakang, perubahan terjadi di bagian diffuser belakang yang dilengkapi underguard berwarna silver yang lebih tebal.

Masuk ke dalam kabin, anda akan disambut dengan interior yang masih sama dengan versi sebelumnya. Perbedaannya hanya di jok depan yang diklaim Renault lebih tebal dan suportif, improvisasi pada bagian soft touch panel, dan sistem infotainnent R-Link 2.0 yang kini tersedia dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Sumber : Renault

Untuk bagian mesin, Renault juga menambah pilihan mesin diesel baru yang dilengkapi dengan teknologi Selective Catalytic Reduction System (SCR) yang disebut mampu membuat mesin lebih hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Tersedia dua mesin diesel baru, yakni 1.800cc dengan tenaga 150 hp, dan 2.000cc dengan tenaga 190 hp yang disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan, menggantikan pilihan mesin diesel sebelumnya, 1.600cc dan 2.000cc untuk pasar Eropa.

Selain itu, Koleos facelift kini juga tersedia dengan beragam fitur keselamatan advanced seperti adaptive LED headlamp, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, dan lain-lain. Bagaimana menurut kalian? Haruskah Renault Indonesia membawa Koleos facelift ini beserta mesin dieselnya? Atau lebih baik bertahan dengan mesin bensin saja? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!