Toyota Akan Hentikan Opsi Mesin V8 di Land Cruiser

Saat ini Toyota menyematkan mesin V8 pada Land Cruiser, baik itu mesin bensinnya dan mesin dieselnya. Namun di generasi selanjutnya yang meluncur pada tahun 2021 nanti, konfigurasi tersebut akan segera ditinggalkan.

Meski belum ada konfirmasi langsung dari Toyota, informasi ini didapatkan dari kutipan wawancara CarAdvice dengan head of product planning and development Toyota Australia, Bernard Nadal. Ia mengatakan kalau hal ini merupakan tren global.

“Anda akan melihat banyak merek yang menurunkan mesin V8-nya, entah itu mesin bensinnya atau dieselnya. Ini umumnya diperuntukkan untuk mengejar efisinsi yang lebih baik dan untuk mengurangi emisi CO2, jadi itulah tren global.” Ujar Nadal.

Sebagai gantinya, Toyota dikabarkan akan menyematkan mesin dengan konfigurasi lebih kecil yakni mesin V6 dengan tambahan turbocharger. Konfigurasi ini diharapkan dapat menghasilkan output yang lebih baik, dengan kadar emisi dan efisiensi yang lebih baik dari V8.

Bahkan, kabarnya Toyota juga akan membuat mesin V6 dengan kombinasi hybrid seiring dengan maraknya mesin hybrid yang beredar. Lalu bagaimana tanggapan anda? Sampaikan di kolom komentar!