Toyota Hilux Single Cabin Gunakan Mesin Baru dan Ada Varian Baru

Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran jantung pacu-nya untuk Toyota Hilux Single Cabin (S-Cab) dengan melakukan pergantian mesin berkode 2KD-FTV berkapasitas 2.500cc kini menjadi 2GD-FTV berkapasitas 2.400cc. Tidak disitu juga, ada penambahan varian yaitu New Hilux Single Cabin (S-Cab) 4×4. Varian Single Cabin 4×4 ditujukan untuk menggantikan variant Extra Cabin (C-Cab) 4×4.

Mesin 2GD-FTV-Lo yang digunakan Toyota New Hilux Single Cabin 4×2 mampu menghasilkan power 149,6 PS dan torsi maksimum 35 KgM, yang dikombinasikan dengan transmisi lima-percepatan manual . Sebagai perbandingannya mesin lama 2KD-FTV menghasilkan power 102hp dan torsi maksimum 20.4 KgM. Selain memiliki power dan torsi yang lebih besar, engine 2GD-FTV juga tercatat lebih efisien.

Untuk variant 4×4, mesin 2GD-FTV-Hi mampu menghasilkan power maksimum sebesar 149,6 PS dengan torsi maksimum 40,8 kgm, dikombinasikan dengan transmisi enam-percepatan manual, tidak hanya sampai disitu saja, velg yang digunakan berukuran 225/70 R17C, sehingga lebih nyaman dikendarai dalam berbagai kondisi medan jalan. Menurut Informasi yang kami terima, ada perbedaan di exterior, Front Under Protector, Engine Under Cover, dan Fuel Tank Protector.

Image result for 2gd engine
sumber : Website Toyota Global

Penggunaan mesin 2GD-FTV di Hilux versi Indonesia sudah lama sejak dari  September 2017 untuk variant Double Cabin dan Extra Cabin, untuk Single Cabin masih menggunakan mesin 2KD-FTV. Sekarang, semua variant Hilux di Indonesia sudah menggunakan mesin 2GD-FTV seperti se-basisnya , All New Kijang Innova dan All New Fortuner yang sudah menggunakan mesin 2GD-FTV di Indonesia sejak November 2015 dan Januari 2016. Kini, IMV di Indonesia sudah menggunakan mesin GD-series, tepatnya 2GD-FTV.

Tambahan Informasi, Hilux Generasi terbaru di Indonesia awal peluncurannya, Agustus 2015 mesin yang digunakan ada dua versi mesin legendarisnya, mesin 2KD-FTV yang digunakan variant Single Cabin dan mesin 2KD-FTV dengan VNTurbo (VNT) untuk variat Extra Cabin dan Double Cabin. Menurut sumber kami, Variant Extra Cabin discontinue dan digantikan dengan Single Cabin 4×4.

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, “Toyota senantiasa melakukan penyegaran untuk menghadirkan mobil-mobil terbaik. Kehadiran varian ini merupakan bentuk apresiasi pada pelanggan setia atas kepercayaannya selama ini. Kami harapkan penjualan terbaru Hilux dapat berkontribusi untuk segmen kendaraan komersial Toyota,”.

“Selama Januari hingga Mei 2019, Hilux memberikan kontribusi sekitar 62 persen bagi penjualan segmen komersial Toyota. Tren positif ini kami harapkan dapat terus berlanjut melalui kehadiran New Hilux Single Cabin Diesel yang bisa memberikan manfaat lebih untuk segmen komersial,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.