Melihat Lebih Dekat Sosok All-New Mazda 3

Jika kemarin anda berkunjung ke GIIAS 2019, rasanya tidak mungkin anda berpaling dari 3 mobil baru yang dipajang oleh Mazda Indonesia. Ya, itulah generasi terbaru dari medium lineup mereka, yakni All-New Mazda 3. Ia sudah resmi meluncur di Indonesia.

Bagi kami, All-New Mazda 3 adalah salah satu yang membuat heboh gelaran GIIAS 2019. Unitnya selalu ramai dikepoin oleh pengunjung, baik itu unit showcase-nya sampai unit test drive-nya. Ya, hal ini dikarenakan All-New Mazda 3 menggunakan platform baru yang mereka sebut ‘New Generation’.

Platform ‘New Generation’ ini meliputi pembenahan sasis, mesin, handling, kenyamanan dan desain (interior dan eksterior). Dan memang, kalau dilihat desain All-New Mazda 3 ini berbeda dari lineup Mazda lainnya. Mazda menyebutnya seolah-olah dibuat atas hasil dari aliran garis dan kebebasan jiwa.

Ia hadir dengan 2 pilihan format, yakni Hatchback dan Sedan. Kesan sporti hadir di format Hatchback, sedangkan kesan elegan hadir di format Sedan. Lucunya, keduanya memiliki bagian yang kontroversial, yakni bagian belakangnya. Ada beberapa yang memilih versi sedan karena anehnya buritan Hatchback, begitu pula sebaliknya.

Masuk kedalam, benar-benar tidak terasa seperti mobil Jepang, melainkan ia seperti mobil Eropa! Baik itu desainnya, material pembungkusnya, sampai teknologi yang diusungnya. Yang menarik adalah warna interiornya, dimana versi Sedan mendapatkan warna full-black, versi Hatchback hadir dengan perpaduan warna black dan red.

Ia dilengkapi dengan MZD Connect terbaru dengan layar 8.8 inch yang dapat diatur dengan kontroler yang berada di konsol tengah. Ia juga memiliki digital instrument panel yang terkoneksi langsung ke head-up display bernama Active Driving Display. Baik MZD Connect dan Active Driving Display, keduanya dapat menampilkan informasi secara lengkap.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh All-New Mazda 3 adalah I-Activesense terbarunya, yang kini telah dilengkapi dengan Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Lane Departure Warning System (LDWS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan lainnya. Oh ya, untuk meningkatkan keasyikan berkendara, ia juga dilengkapi dengan fitur G-Vectoring Control Plus.

Ia hadir dengan 1 pilihan mesin saja. Ialah unit Skyactiv-G berkapasitas 2.0L Naturally Aspirated yang dikawinkan dengan transmisi otomatis konvensional 6 percepatan. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 155 PS dan torsi 200 Nm. Sayangnya, Mazda tidak sekaligus membawa mesin tercanggihnya, yakni Skyactiv-X.

Dengan begitu, All-New Mazda 3 dibanderol seharga Rp. 489,8 Juta untuk versi Hatchback dan Rp. 538,8 Juta untuk versi Sedan. Tak lupa, terdapat penambahan Rp. 4 Juta khusus untuk warna Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic. Memang lebih mahal dari kompetitornya, namun menurut kami sangat sepadan dengan apa yang didapat.