Toyota All-New Hiace – Wajah Baru Mobil Komersial Toyota

Memulai debutnya pada Februari lalu di Filipina, nampaknya Toyota Atra Motor tertarik untuk membawa Toyota All-New Hiace generasi keenam ke Indonesia. Terbukti, pada ajang GIIAS 2019 ini, mereka akhirnya memperkenalkan All-New Hiace kepada konsumen tanah air.

Memang masih belum meluncur dan dijual secara resmi. Tapi, unit berkelir beige yang dipajang di booth Toyota ini nantinya bakal menjadi acuan spek resmi apabila ia sudah resmi dijual oleh TAM. Lalu, seperti apakah unit preview ini?

All-New Hiace memiliki dimensi sebesar 5.915 mm x 1.970 mm x 2.280 (PxLxT). Penambahan panjang sekitar 53 cm ini dikarenakan kini All-New Hiace memiliki semi-bonnet di bagian depannya sebagai tempat baru untuk meletakkan mesin.

Jika dilihat dari depan, samping dan belakang, tampaknya Toyota masih mewariskan desain dari generasi sebelumnya pada All-New Hiace ini. Namun, ia diberikan sentuhan modern dan beberapa improvisasi seperti perbaikan aerodinamikanya.

Di dalam, nampak kabinnya yang kini lebih lapang. Tentunya hal ini dikarenakan berpindahnya penempatan mesin ke balik bonnet depan tadi. Unit preview ini merupakan unit model commuter berkapasitas 12 penumpang, padahal diluar sana ada yang dapat menampung hingga 14 penumpang.

Masalah fitur, memang tidak terlalu lengkap. Sebut saja seperti electric mirror dengan electric retract, auto window pada sisi pengemudi, setir tilt dengan telescopic, spion tengah day and night view, AC untuk semua baris, electronic stability control dan seatbelt 3 titik untuk semua penumpang.

Sektor performanya turut mengalami perubahan. Kini All-New Hiace menggunakan mesin 1GD 2.8L turbocharged yang menghasilkan tenaga 148 HP dan Torsi sebesar 300 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaganya ke roda belakang dengan transmisi manual 6 percepatan. Namun berhembus rumor, pasar Indonesia juga akan mendapatkan varian otomatis.

Karena masih perkenalan, tentu harga dari All-New Hiace ini masih belum jelas. Kabarnya ia akan berada di rentang harga 520 – 530 Juta rupiah. Lalu bagaimana menurut anda soal All-New Hiace ini? Sampaikan komentarmu dibawah!