Toyota Rilis New Fortuner TRD Sportivo “Karawang” Improvement

Toyota Astra Motor (TAM) di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2019 (GIIAS)  meluncurkan 3 (tiga) mobil andalan barunnya, yaitu Toyota Supra Gazoo Racing (GR), Toyota All New Hiace Premio, dan Toyota New Fortuner TRD Sportivo “Karawang” improvement. Fortuner TRD Sportivo hanya  tersedia 2 (dua) variant, VRZ TRD (diesel) dan SRZ TRD (gasoline). Hanya tersedia variant penggerak 4×2.

Apa saja yang berbeda dengan versi dengan versi sebelumnnya?

Bagian depan mengalami perubahan bersifat minor change dengan tambahan aksesories List Hood Moulding  berwarna black chrome. Bagian grill tetap sama dengan yang sebelumnya, black gloss. Perbedaannya hanya di sisi samping grill yang menjadi black chrome. Bagian Logo TRD tidak mengalami perubahan, masih menggunakan black glossyang persis dengan sebelumnya. Menenongok ke cover foglamp sekarang ditambahkan dengan black chrome.

Under guard Fortuner TRD Sportivo 2019  mengalami perubahan warna menjadi black gloss, yang sebelumnya menggunakan warna silver. Untuk bagian velg, ia tidak mengalamai perubahan secara total, hanya diganti warna menjadi black gloss, sebelumnya black dengan silver twotone. Ukuran sama-sama 18 inch. Kini, stiker TRD dapat perubahan desain dan penempatan logo TRD Sportivo yang sebelumnya di pintu pengemudi dan sekarang pindah ke pintu penumpang.

Fitur yang menjadi unique selling point Fortuner TRD Sportivo 2019 adalah Kick Sensor. Namun kami merasakan kualitas untuk tombol ON/OFF terkesan murah dan seperti pasang di toko variasi akesories mobil. Kick Sensor fungsi untuk membuka bagasi dan menutup bagasi mobil dengan ayunan kaki dikarenakan Fortuner memiliki Power Back Door.

sumber : Toyota Astra Motor

Emblem TRD Sportivo mengalami perubahan warna yang semula putih di TRD dan merah di Sportivo kini menjadi chorme dikedua tulisannya. Under guard belakangnya mengalami perubahan yang tadinya berwarna silver, kini menjadii black gloss. Talang air kini untuk variant TRD Sportivo, mendapatkan model terbaru. Sayangnya, kualitasnya tidak seperti harganya dan terkesan aftermarket toko variasi akesories mobil.

Bagaimana dengan sistem keamannya?

Setelah Anda melihat, SAMA dengan pendahulunnya, tidak memiliki fitur Seperti VSC (Vehicle Stability Control), TRC (Traction Control), dan  HSA (Hill Assist). Sayang sekali, untuk mobil yang harga tidak murah ini, fitur safety ini masih menjadi “cuek” karena masih merajai penjulan di Market Medium SUV Ladder Frame. Sudah Seharusnya Fortuner 4×2 baik G, VRZ, dan SRZ ataupun G 4×4 “paten” memiliki VSC (Vehicle Stability Control), TRC (Traction Control), dan  HSA (Hill Assist).

Karena slogan “Leading The World” kah yang membuat mobil ini merasa tidak perlu merambah ke safety untuk demi “cuan”? FYI, sekelas Fortuner safety aja di perhatikan, bahkan memiliki safety sensing, contohnya Nissan Terra VL, dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Bahkan Isuzu MU-X dan Chevrolet Trail-Blazer yang harga dibawah 500 juta memiliki safety yang tidak murahan di kelasnya.

Lihat saja saudara sebasisnya, Hilux V Diesel Matic  atau Innova Venturer Diesel Matic yang menjadi 1 (satu) basis dengan Fortuner pun safety lengkap bahkan dilengkapi 7 airbags. Bahkan dengan adik tiri yang sesama memilki variant TRD Sportivo, contohnya All New Rush dan Yaris Joker yang memiliki fitur safety yang tergolong “nekad” di harga 200-300 jutaan, bahkan  semua variant tidak di “kasta”-kan.

Kesimpulan, Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019 mendapatkan minor change yang merujuk ke tampilan dan gengsitalitas contoh Kick Sensor. Tapi, untuk saat ini, kami lebih menyarankan tipe VRZ dan SRZ non TRD Sportivo yang harganya jauh lebih murah sekitar 10-12 jutaan yang perbedaan cuman sekadar akesories gimmick semata.