Volkswagen Tiguan AllSpace Tawarkan Akomodasi Yang Memadai

Sebelumnya, Volkswagen telah meluncurkan salah satu best-selling mereka, All-New Tiguan ke Indonesia pada gelaran GIIAS 2017 lalu. Namun setelah 2 tahun sejak peluncurannya, varian 5 penumpang tersebut kini harus dipensiunkan.

Meski begitu, Volkswagen telah menyiapkan penggantinya. Ya, di gelaran GIIAS 2019 ini, Volkswagen Indonesia dengan resmi meluncurkan Tiguan AllSpace. Varian AllSpace ini merupakan Tiguan LWB, yang dimensinya membesar dan memiliki akomodasi yang terbilang baik.

Tiguan AllSpace memiliki panjang yang bertambah 215 mm dan tinggi yang bertambah 42 mm. Kini, dimensinya menjadi 4.701 mm / 1.839 mm / 1.674 mm (P x L x T). Jika diperhatikan dari luar, desainnya tidak ada perubahan kecuali pintu belakang dan buritannya yang bertambah panjang.

Di dalam, perubahan yang paling terlihat adalah hadirnya kursi baris ketiga. Menurut kami, kursi baris ketiga ini layak diduduki orang dewasa dengan postur dibawah 180 cm, karena kru kami yang memiliki tinggi 185 cm terasa pas-pasan saat mencobanya.

Dalam kondisi kursi baris ketiga digunakan, bagasi Tiguan AllSpace hanya sebesar 320 liter. Namun jika kursi baris ketiga dilipat, kapasitas bagasinya meningkat menjadi 700 liter. Memang bukan menjadi yang terbesar di kelasnya, namun kini akomodasinya jauh lebih membaik.

Urusan fitur, ia masih serupa seperti sebelumnya. Begitu pula dengan performanya, yang masih mengandalkan unit mesin 1.4L TSI dengan output tenaga 150 HP dan torsi 250 Nm. Mesin ini disambungkan ke roda depan dan transmisi DSG 6 percepatan.

Uniknya, Tiguan AllSpace berstatus CKD. Ia dirakit di fasilitas milik Garuda Mataram Motor yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat. Hal ini membuat banderol Tiguan AllSpace menjadi hanya Rp. 598 Juta.