5 Faktor Penyebab Mobil Dapat Terbakar

Sering kali kita melihat kejadian mobil yang terbakar di sosial media maupun di dunia nyata. Mungkin beberapa dari anda mempunyai pertanyaan, kenapa mobil tersebut bisa terbakar? Disini kami akan mencoba untuk menjabarkan, kenapa mobil dapat terbakar.

Lima faktor dibawah ini sangat kami yakini, menjadi sumber masalah sebuah mobil dapat dilahap ‘Si Jago Merah’. Ada yang merupakan human error bahkan sampai kesalahan pabrik sehingga mobil dapat terbakar. Kalau begitu langsung saja kita telusuri.

Banyak Mobil Mendadak Terbakar, Ini 5 Faktor Penyebabnya
source : meyword.com

Kabel Terkelupas.

Faktor pertama adalah berupa adanya kabel yang terkelupas. Kasus ini biasanya ditemui pada mobil yang sudah berumur, karena faktor usia pembungkus kabel akan terkelupas dengan sendirinya. Jika kabel yang terkelupas tersebut bergesekan satu sama lain, sangatlah mungkin akan menimbulkan percikan api dengan ditandai munculnya bau sangit.

Kabel Akumulator yang Tidak Kencang

Faktor kedua bisa berupa kabel akumulator yang tidak dipasang dengan benar, atau tidak kencang. Apabila kabel paralel tidak dipasang dengan benar atau kencang pada kepala akumulator, maka kemungkinan besar akan terjadi korsleting listrik yang berujung pada terbentuknya percikan api. Perhatikan dengan baik saat memasang komponen satu ini.

Kebocoran Selang Mesin

Faktor ketiga bisa diduga sebagai penyebab mobil terbakar adalah bocornya selang mesin. Jika ada bensin atau oli yang menetes dari selang, lalu kemudian tetesan itu mendarat di bagian mesin yang panas, sangatlah mungkin akan menimbulkan api yang dapat mengakibatkan terbakarnya mobil.

Image result for open air filter
source : polevaultpatje (YouTube)

Penggunaan Filter Udara Terbuka

Faktor berikutnya adalah penggunaan filter udara yang terbuka. Kasus seperti ini rentan terjadi pada mobil yang masih berkarburator. Penggunaan filter udara yang terbuka bisa mengakibatkan hawa bensin menembus celah-celah kecil di boks filter udara. Jika hawa bensin tersebut melewati kabel yang telah terkelupas, itu bisa memicu terbakarnya mobil.

Modifikasi atau Penggantian Kabel

Seringkali pemilik mobil mengganti kabel bawaan pabrik mobil untuk keperluan modifikasi, masalah akan muncul jika pemilihan kabel tersebut tidak tepat, contohnya ukuran kabel yang tidak sesuai. Salah memilih kabel dapat menyebabkan kabel tersebut memuai karena tidak mampu menahan arus listrik. Akibatnya, muncul percikan api yang akan menjalar ke seluruh kabel dan mengakibatkan mobil terbakar.

Alangkah baiknya apabila anda melakukan pengecekan sendiri ataupun membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan, karena kesalahan kecil saja dapat membuat mobil dengan mudah terbakar. Adapun apabila kesalahan tersebut merupakan kesalahan pabrikan, biasanya akan ada pemanggilan (recall) untuk perbaikan.