Bagaimana Cara Memasang Baut Roda Dengan Benar?

Salah satu kemampuan wajib dalam memiliki mobil adalah membongkar dan memasang roda. Tentu, kemampuan tersebut sangat berguna apabila terjadi hal-hal darurat dalam berkendara seperti ban pecah, velg penyok, maupun kondisi lainnya yang berkaitan dengan roda.

Memang bagi kebanyakan orang, membongkar dan memasang roda terlihat mudah, karena tinggal melepas baut, melepas roda, memasang roda, dan mengencangkan baut. Namun apakah itu benar? Belum tentu, karena ada trik tersendiri dalam melakukannya.

Tak lain adalah trik melepas dan memasang baut roda. Karena ini merupakan bagian paling krusial pada roda, tentunya baut roda harus dipasang secara baik agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana triknya?

Berlaku untuk semua model dan jumlah baut roda, cara melepas dan memasangnya adalah dilakukan dengan cara menyilang. Hal ini dikarenakan pelepasan dan pemasangan dengan cara menyilang dapat meratakan daya ikatnya.

Untuk baut 4, pemasangannya menyilang seperti biasa. Tapi untuk baut 5 dan baut 6, pemasangan menyilangnya mengikuti pola dalam membentuk bintang. Catatannya, setiap baut jangan langsung dikencangkan, melainkan bertahap (2 sampai 3 kali pengencangan untuk setiap baut).

Sangat tidak disarankan memasang baut roda dengan cara berurutan (searah atau berlawanan arah jarum jam). Hal ini dapat membuat daya ikat tiap bautnya menjadi tidak rata, dan akan membuat roda dapat terlepas dari dudukannya.

Jadi seperti itulah cara yang benar dalam melepas dan mengencangkan baut roda dengan benar. Jadi apakah cara anda dalam melepas dan memasang baut roda sudah benar? Jika belum, segera koreksi ya!