Mengintip Spesifikasi Toyota Crown 2.5 G-Executive, Calon Mobil Menteri

Setelah Joko Widodo memenangkan Pilpres 2019 dan terpilih sebagai Presiden RI untuk 5 tahun kedepan, kabinet baru pemerintahan Presiden Jokowi akan mendapatkan fasilitas mobil dinas baru. Setelah dianggarkan 152 Miliar Rupiah untuk belanja mobil baru, PT. Astra International pun yang akhirnya memenangkan tender dari pemerintah.

Model yang terpilih untuk menjadi mobil dinas menteri terbaru ini, dan direncanakan akan mengganti peran Toyota Crown Royal Saloon yang sudah digunakan sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono adalah Toyota Crown G-Executive!

Photo: Toyota Japan

Toyota Crown kini menjadi mobil terpilih untuk mengangkut para menteri Jokowi di Indonesia serta melakukan tugas negara. Jumlah mobil yang dibeli adalah 101 unit. Selain Toyota Crown, ada juga 2 unit Mercedes-Benz S600 Guard, yang akan mengangkut RI 1 dan RI 2 nantinya.

Jadi, seperti apa sih Toyota Crown 2.5 G-Executive ini? Apakah itu yang termurah dari seluruh Crown? Atau termahal? Well, setelah kami melakukan riset di website Toyota Japan, Crown G-Executive adalah model yang paling mahal, yang artinya diatas Crown G dan Crown RS.

Photo: Toyota Japan

Namun, yang paling menarik dari Toyota Crown 2.5 G-Executive ini adalah jantungnya. Ya, Crown G-Executive ini adalah mobil dinas menteri pertama yang menggunakan drivetrain hybrid. Mesin yang digunakannya, yaitu mesin A25A-FKS dengan teknologi Dynamic Force dan hybrid, menghasilkan tenaga sebesar 226 PS dan 521 nm jika dikombinasikan dengan motor listrik. Sedangkan konsumsi BBMnya mencapai 20.8 km/l. Dan dikombinasikan dengan sistem all-wheel drive (AWD), bisa dikatakan Toyota Crown ini sangat efisien.

Toyota Crown G-Executive sendiri merupakan Crown generasi ke-15. Dengan menggunakan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA), ia sudah menggunakan teknologi Toyota yang paling baru. Dimulai, dari headlampnya. Selain menggunakan teknologi Bi-Beam LED Headlamp, Crown G-Executive menggunakan 3-eye LED Headlamp, 3-eye dalam arti menggunakan 3 proyektor LED.

Photo: Toyota Japan

Saat kita beralih ke dalam, Toyota Crown ini sekarang menjadi lebih sporti dan lebih mewah dari model pendahulunya. Yang pertama terlihat adalah 2 layar yang mempunyai peran masing-masing. Yang ditengah adalah pengaturan AC yang menggunakan sistem touchscreen. Sedangkan yang diatas adalah head unit dari Toyota Crown, yang membentuk floating. Teknologi lain seperti heads-up display (HUD) dan TFT Multi-Info Display yang berukuran 7 inci pun turut dipasang dalam mobil menteri terpilih tersebut.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, Toyota Crown G-Executive ini sudah paling lengkap dari mobil dinas menteri sebelumnya. Pertama, ia menggunakan paket fitur keselamatan khas Toyota, yaitu Toyota Safety Sense 2.0. Yang ada dalam paket tersebut adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Auto High-Beam (AHB), dan juga Pedal Misoperation System (PMS).

Oh ya, bahkan kami mendapat kabar burung bahwa ia juga akan dijual resmi apabila ada demand dari masyarakat. Apa tanggapanmu mengenai Toyota Crown G-Executive ini yang sebentar lagi akan digunakan oleh kabinet baru Jokowi? Berikan komentar anda dibawah!