All New Corolla Altis Mengaspal di Thailand


Kelihatannya, tahun 2019 ini merupakan tahun yang sangat sibuk bagi PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku representatif Toyota di Indonesia. Bahkan, Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengaku bahwa Toyota akan mengeluarkan sebanyak 10 mobil baru, baik itu full model change maupun yang minor/major change alias facelift.

“Kita kan sekarang mau launching produk lebih banyak dari tahun lalu. Kalau tahun lalu kan enam tahun ini mudah-mudahaan di atas enam. Mudah-mudahan ada 10 produk yang akan berubah,” tambah Soerjo.

Dan itupun sudah terbukti. Pada awal tahun, Toyota meluncurkan All New Camry, New Avanza, dan New C-HR Hybrid. Lompat ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, mereka kembali meluncurkan 3 mobil baru lagi, yaitu Toyota GR Supra, New Fortuner, dan All New Hiace, yang diberi nama tambahan menjadi All New Hiace Premio. Dan baru-baru ini, mereka meluncurkan New Sienta dalam bentuk facelift.

Dalam total, Toyota sudah meluncurkan sebanyak 7 model baru. Jika kita melakukan perhitungan lagi, masih ada sisa 3 model lagi. Namun, kita sudah mengetahuinya. Seperti pada artikel sebelumnya, kita sudah ketahui bahwa Toyota Calya facelift adalah salah satu dari daftar tersebut.

Namun, bagaimana dengan 2 model yang tersisa. Nah, kita baru tahu satu dari dua model tersisa tersebut. Memang baru diluncurkan di Thailand, namun kita bisa tahu detailnya jika tiba di Indonesia. Ya, sambutlah Toyota All New Corolla Altis!

Photo: Toyota Motor Thailand

Di Thailand, Corolla Altis kini ditawarkan dalam 6 varian dalam total; 1.6 Limo, 1.6 G, 1.8 GR Sport, 1.8 HV Entry, 1.8 HV Mid, dan 1.8 HV High. Seperti kakaknya, yaitu Toyota Camry, ia mendapatkan resep terbaru dari Toyota, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA) platform. Walau sekarang tampilannya menjadi jauh lebih sporty, namun Corolla Altis yang meluncur di ASEAN ini jauh terlihat lebih mewah dibanding yang sedang ditawar di pasar lain, seperti Amerika dan juga Jepang yang sebentar lagi akan mendapatkan Corolla Sedan dan Estate ini.

Dan dengan kehadiran TNGA ini, tidak salah dong kalau Corolla Altis dapat desain serba baru? Nah, dengan desain terbaru ini, ia jadi mirip dengan Camry terbaru juga, dengan hadirnya Bi-Beam LED Projector Headlamp khusus tipe GR Sport, HV Mid, dan HV High. Jika kalian beli yang hybrid, LED DRLnya akan menyala dengan warna biru.

Ia juga mendapatkan velg model baru, walau memang sangat mirip dengan Corolla Altis model sekarang dalam keadaan pre-facelift. Sedangkan spionnya sangat mirip dengan Toyota Sienta. Tampang belakang pun sekarang berubah, dimana tail-lampnya sangat mirip dengan Toyota RAV4 yang terbaru.

Masuk ke dalam, sekarang ia mendapatkan desain yang sangat sporty dan modern. Dan dengan desain baru ini, datanglah banyak teknologi terbaru. Agar ia dapat bersaing dengan kompetitornya, Corolla Altis kini mendapatkan heads-up display yang bisa dikatakan besar, speedometer full digital, dengan MID yang berukuran 7″ inci, serta head unit baru yang didukung dengan teknologi Apple CarPlay dan Android Auto.

Dan meskipun ia sudah mendapatkan teknologi tersebut, mungkin Toyota seharusnya bisa memasang dual-zone climate control, sehingga ia bisa setara dengan Honda Civic (spek luar) dan Mazda 3. Namun fitur lain, seperti Nanoe, Wireless Charging, Rear Air-con vents, Electronic Parking Brake with Auto Brake Hold, dan Electrochromatic Mirror pun disematkan.

Seperti saya katakan sebelumnya, ia ditawarkan dengan 3 pilihan mesin; 1ZR-FBE, mesin 1.6 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 125 ps, 2ZR-FBE, mesin 1.8 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 ps, dan 2ZR-FXE, mesin 1.8 liter hybrid mampu menghasilkan tenaga sebesar 122 ps dengan gabungan motor listrik.

Untuk fitur keselamatan, jelas ini lengkap. Ini Corolla Altis spek Thailand. Dimana fitur seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Emergency Brake Signal (EBS) dan Blind Spot Monitor (BSM) with Rear Cross Traffic Alert disematkan pada seluruh varian Corolla Altis di Thailand (kecuali yang akhir, dimana itu hanya dikhususkan untuk tipe GR Sport dan HV High). Ia juga mendapatkan resep Toyota ke-3, setelah powertrain Hybrid dan TNGA; paket fitur lengkap Toyota Safety Sense (TSS). Yang artinya ia mendapatkan Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Auto High Beam (AHB), Lane Departure Assist, dan Lane Tracing Assist.

Oke, sekarang sudah keluar di Thailand. Bagaimana dengan yang akan ada di Indonesia? Tenang-tenang, Indonesia juga akan kebagian kok model Altis terbaru, agar bisa bersaing dengan Mazda 3 dan Honda Civic yang menjadi raja C-Segment Sedan di Indonesia. Dan kabar baiknya, kita kebagian model Hybrid! Apa opinimu mengenai Altis terbaru ini? Sampaikan komentar anda dibawah!