Mengapa Kita Harus Selalu Fokus Ketika Berkendara?

Ketika berkendara, kita harus selalu fokus ke sekitar untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Konsentrasi sangatlah diperlukan ketika kita sedang mengendarai kendaraan bermotor. Kita harus selalu konsentrasi terhadap keadaan sekitar ketika sedang berkendara, bahkan ketika sedang terjebak macet pun.

Banyak pengendara melupakan hal tersebut. Mereka hanya berkonsentrasi hanya ketika sedang berkendara dengan kecepatan tinggi. Sedangkan pada saat terjebat macet atau merayap mereka biasanya bermain handphone sampai keasyikan dan lupa untuk memeriksa kondisi sekitar. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihapuskan. Mengapa demikian? Berikut ini adalah alasannya:Untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan

Hasil gambar untuk rammed car
Sumber: https://wcfcourier.com

Menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Kejadian bisa menimpa kita kapan saja, dimana saja dan dengan sebab yang bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh diri sendiri, atau orang lain. Untuk menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh orang lain, diperlukan konsentrasi penuh ketika berkendara. Jika sedang berhenti atau terjebat macet, tetaplah berkonsentrasi pada kondisi sekitar. Anda tetap bisa melakukan beberapa hal ketika macet. Namun, tetaplah konsentrasi terhadap keadaan sektiar. Lihatlah keadaan sekitar secara rutin.

Waktu reaksi yang lebih cepat

Masih terkait dengan poin diatas. Ketika anda menjaga konsentrasi anda pada keadaan sekitar, maka anda akan memiliki waktu reaksi yang lebih cepat. Hal ini dapat menghindari anda dan pengemudi lain dari suatu kejadian yang tak diinginkan. Selain untuk keselamatan, anda juga tidak akan diklakson dari belakang di lampu merah atau di antrian gerbang tol karena anda tak kunjung maju-maju.

Hasil gambar untuk driving fast
Sumber: https://www.comedytrafficschool.com

Membuat anda menjadi pengemudi yang handal

Jika kita selalu berkonsentrasi terhadap keadaan sekitar, kita secara tak langsung menjadi pengemudi yang (lebih) handal. Kewaspadaan kita terhadap sekitar membuat kita bereaksi lebih cepat ke suatu hal, dan membuat keputusan dengan cepat.

Itulah mengapa kita harus selalu konsentrasi ketika berkendara. Walaupun tak akan membuat anda 100% aman dari suatu insiden, namun setidaknya bisa mengurangi kemungkinan keterlibatan anda dalam suatu insiden.