SIM Format Baru Meluncur 22 September Mendatang

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia akan merilis Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar alias Smart SIM pada hari Lalu Lintas Bhayangkara di tanggal 22 September 2019 mendatang. Dan Smart SIM ini akan memiliki banyak fitur unik, ingin tahu apa saja? Simak artikel ini sampai habis.

Pertama, uang elektronik (e-money)

Ya, anda tidak salah baca. Smart SIM bisa digunakan sebagai alat pembayaran elektronik, Korlantas akan menggandeng empat perbankan nasional, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

“Nantinya bisa digunakan e-money, bisa menjadi uang elektronik dan saldo yang kita siapkan maksimal Rp 2 juta untuk melakukan transaksi apapun,” ujar Refdi. Saat ini Korlantas masih melakukan uji keandalan dari Smart SIM tersebut. Agar saat Smart SIM ini diluncurkan, semua fungsi tersebut bisa digunakan maksimal saat peluncurannya,”

Vice President Divisi E-channel BNI, Fajar Kusuma Nugraha menyebut bentuk kerjasama yang dilakukan antara Polri dengan perbankan berupa co-branding uang elektronik. Saat ini BNI masih mengajukan permohonan izin kepada Bank Indonesia (BI) selaku regulator di bidang sistem pembayaran sebelum merilis smart SIM tersebut bersama kepolisian.

foto : motoris.id

Kedua, merekam data forensik.

Selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran, Smart SIM juga akan dilengkapi dengan chip yang bisa merekam semua data forensik penggunanya, jadi lebih lengkap dibanding SIM sebelumnya.

“Semua data forensik kepolisian ada pada chip. Nantinya smart SIM ada chip-nya, sehingga semua data forensik itu ada, seperti data identitas kependudukan kita,” ucap Refdi.

Ketiga, nomor telefon orang terdekat.

Chip pada Smart SIM juga bisa menyimpan beberapa nomor orang telefon terdekat. Refdi menyebutkan data tersebut ialah penting untuk diketahui oleh pihak Kepolisian dan disimpan di dalam SIM untuk keperluan darurat.

So, menurut kalian gimana tentang Smart SIM ini? Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini ya!