Toyota Estima Di-Discontinue Bulan Depan!

Kabar kurang menyenangkan datang dari Toyota. Salah satu model MPV sliding door mereka, yakni Estima akan segera mengakhiri hidupnya. Ya, setelah hadir di dunia selama 29 tahun sejak generasi pertamanya, Toyota Estima akan di-discontinue.

Penghentian MPV yang memiliki nama lain Previa dan Tarago ini sebenarnya sudah terendus sejak bulan Juli lalu, dimana Toyota Tarago di Australia dihentikan penjualannya. Kala itu juga, produksi Estima, Previa dan Tarago di Jepang juga sudah dihentikan.

Seperti yang dikutip dari website carview.yahoo.co.jp, alasan Estima dihentikan adalah karena ketiadaan pengembangan lanjutan, dan menurunnya permintaan MPV di Jepang. Begitu pula di belahan dunia lain, yang mana permintaan MPV juga menurun akibat menjamurnya SUV.

Namun yang paling pelik ialah, ia turut terkena monopoli domestik. Estima kalah laku dan pamor dibandingkan kakaknya, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. Penjualan Alphard dan Vellfire dari bulan Januari sampai Juni sebesar 9.338 unit. Sedangkan Estima, kurang dari 10% angka tersebut.

Meskipun begitu, Toyota sudah menyiapkan penggantinya. Ialah Toyota Majesty (atau Granvia) yang dikabarkan akan memasuki pasar Jepang. Atau Toyota TJ-Cruiser, MPV yang memiliki fleksibilitas layaknya SUV yang sudah mendapat lampu hijau untuk produksinya.