Honda CR-V RM, SUV Berkelas Seharga Xpander

CR-V RM 2013. Pertamakali diluncurkan dengan harga 400jutaan pada saat itu dan ditahun 2019 ini, harga-nya hampir menjadi setengah harga barunya. Dengan budget 230juta-an saja kalian dapat meminang CR-V RM ini.

Dengan kualitas interior yang bagus pada masanya serta mesin bertenaga (Meski Boros) mungkin kalian harusnya sudah mulai meilirik mobil ini bila kalian ingin meminang LSUV baru. Dengan mesin K24 yang memiliki tenaga serta mesin yang digunakan oleh mobil honda-honda lain-nya, kamu tidak akan merasa kesulitan saat memelihara crv ini

Oke, kita bahas dari sisi kesisi saja biar tidak berantakan, setuju?

Mesin

Hasil gambar untuk crv k24 2013
Sumber wemotor.com

K24 menjantungi CR-V sejak generasi RD5 (Genenerasi ke-2) hingga ke generasi RM ini sebelum akhirnya diganti dengan mesin L15Z pada gen terbarunya. Mesin legendaris dan sering digunakan untuk swap engine mobil drag race ini memiliki tenaga 190 Hp. Dan torsi 226 Nm. Membuat mobil ini sama sekali tidak dapat dibilang pelan dikelasnya. Ditemani matic 5 speed konsvensional membuat mobil ini terasa sempurna ditenaganya.

Yah, sayangnya kita harus ke-sisi negatifnya mesin K24 ini, tenaga nikmat pasti ditemani dengan konsumsi BBM yang mengalir bak sungai yang jernih ditengah hutan. Saya selaku penulis terkadang menggunakan CR-V RM untuk jalan jalan dikota, sering sekali saya mendapat catatan konsumsi BBM sejumlah 1:6.5 dan rekor saya adalah 1:8. Namun, untuk luar kota bisa kok sampai 1:12 serta kabar baiknya adalah, mobil ini bisa minum premium

Lalu berbicara perawatan, keersedian slow dan fast moving parts terbilang lumayan banyak, kemungkinan hampir 70% bengkel spesialis honda pasti memilikinya atau setidaknya indent tidak begitu lama. Harga parts tergolong mahal untuk seekor mobil yang di jantungi mesin sejuta Honda 2.4L

Exterior

Dengan design semi Wing Shield orang akan menyadari bahwa kamu sedang mengendarai sebuah Honda. Velg 18inch turut mengisi ruang spakbor mobil ini sehingga tidak terasa kopong dari bagian samping dan terlihat pas / cungkring. DIkelilingi plastic moulding berkelir abu abu membuat mobil ini terlihat seperti CR-V gen 3 JDM sehingga agak lebih terasa JDM exteriornya.

Lampu depan sudah projector walau tanpa LED, dan tentu saja, belakangnya tidak ada imbuhan LED aneh aneh. Imbuhan LED hanya terdapat di Mirror Turn Signal saja. Stoplamp vertical menunjukan indentitas sebuah Honda CRV yang kental serta untuk varian 2.4L dibanding 2.0l perbedaannya terdapat di Foglamp, Handle Chrome, velg dan roof spoiler

Kelemahan yang terdapat diexterior yaitu plastic abu abu yang mudah memutih sehingga terlihat seperti berjamur, lalu garis garis body yang suka bergeser walaupun tidak terlibat kecelakaan serta headlamp yang tidak menguning namun mengelupas dibagian atas dan bawahnya.

Interior

Hasil gambar untuk 2013 crv 2.4 interior
Sumber MobilBekas.com

Saat memasuki mobil ini, pandangan pasti langsung tertuju kearah Dashboard yang seolah olah bertingkat, layar MID tengah ditengah ditemani Headunit double din dibawahnya-lah yang membuat mobil ini seolah memiliki dashboard bertingkat. Speedometer dengan ring colour yang berubah rubah sesuai mode berkenara dan cara berkendara menyelimuti lingkaran speedo meter.

Oke beralih keposisi duduk, posisi nyetir yang dapat diatur secara elektrik memudahkan kita utk mengatur jok kulit yang lembut berwarna beige. Jok yang seolah memeluk dan empuk menambah kenyamanan penumpang. Terdapat 2 tingkat tempat penyimpanan di doortrim dan untuk bagian kita kenyadarkan tangan sudah dibalur kulit yang sama dengan joknya.

Beralih ke row ke-2, teradapat seat backpocket di masing masing jok, ditengahnya terdapat kisi kisi ac, oh ya AC di CRv 2.4 ini sudah dual zone dilengkapi dengan layar dgital. Legroom yang lega dan sandaran yang cukup rebah walau tidak bias direbahkan kembali. Armrest tebal dan lebar membuat penumpang baris ke-2 juga merasa nyaman. Seatelt 2titik untuk penumpang ditengah

Gambar terkait
Sumber : rensselaerhonda.com

Bagasi, luas sekali disbanding competitor, terdapat ban serep dibawahnya dan untuk menambah kapasitasnya hanya dengan sekali Tarik tuas di sisi bagasi sesuai dengan bagian jok yang akan di lipat.

Walau segala positi terdapat di interiornya, tetap saja pasti ada yang kurang, seperti peredaman yang buruk terutama dibagian kolong, speaker dengan suara biasa dan mengarah kea rah sember dan… gampang rusak. Jok kulit yang mudah pecah pecah dan, headunit yang responsifitasnya lemot dan berlayar kecil.

Kaki-Kaki

Kaki kaki I CRV untuk ukuran SUV merupakan kaki kaki yangterbaik dikelasnya, kemampuannya melibas tikungan tanpa gejala bodyroll berlebihan membuat semakin nikma dikendarai. Ya mau gimana pun juga, untuk mencapai kestabilan itu, kamu harus mengkorbakan sisi kenyamanan apalagi kalua kamu upgrade vg dan menipiskan ban

Oke, sector kaki kaki CRV RM dan hamper seluruh gen CRV itu lemah, mudah bunyi bunyi, dan mudah jebol. belum lagi FWD yang mudah membuat steering rack jebol huft.

Oke tips membeli CRV RM. Pertama cek kondisi kaki kaki, mulai darikondisi shocbreaker, busing-bushing dan sterringrack mengingat mobil ini adalah FWD. lalu jangan lupa juga untuk melihat catatan service dan kondisi mesin seperti ol, minyak rem, engine mounting (termasuk kelmahan ni, karna mudah rusak) kompresor AC.

Untuk bagian exterior, penyakit selain yang telah kita sebutkan adalah mudahnya under catrige yang lepas karna bergesekan sebab ground clearance mobil ini tergolong rendah, lalu untuk cat putih mudah untuk memudar dan lapisan clearcoat sedikit lebih tipis disbanding yang lain. Beralih ke interior, headunit yang mudah mengalami screenburn, jok yang mudah pecah ataupun beigenya memudar, ya saran kita ambil yang sudah upgrade audio saja.