Toyota Yaris 2020 – Serba Baru, Banyak Fitur Unik

Toyota baru saja meluncurkan Yaris generasi keempat secara bersamaan di Jepang dan Eropa. Generasi Yaris terbaru ini adalah model pertama Toyota yang menggunakan platform modular Toyota terbaru, TNGA-B yang ditujukan untuk hatchback dan sedan segmen B.

Toyota mengklaim bahwa penggunaan platform baru ini meningkatkan rigiditas sasis hingga 30 persen dan lebih ringan hingga 50 kilogram dibanding generasi sebelumnya.

Di bagian luar, Yaris generasi keempat ini nampak agresif dengan gril depan besar dan lampu yang menyipit. Di samping, sekilas Yaris baru ini nampak seperti Corolla hatchback yang dikecilkan, lengkap dengan fender belakang yang menggembung.

Sementara itu, di bagian belakang, ada lampu belakang LED yang bentuknya cukup unik, karena lampu tersebut dibuat seakan menyatu dengan panel hitam yang melintang sepanjang pintu bagasi. Bumper belakang juga dibuat agresif dengan panel hitam ala diffuser yang dilengkapi lampu mundur dan lampu kabut belakang.

Masuk ke dalam, Anda akan disambut dengan dasbor baru yang kini terlihat simpel. Setir juga baru, kini dengan model yang lebih sporti. Selain itu, terdapat pula Display Audio, sistem infotainment terintegrasi Toyota yang dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Panel instrumen juga baru, kini dilengkapi dengan MID TFT berukuran besar yang diapit oleh dua buah cluster berisi speedometer dan takometer digital. Di atasnya juga terdapat heads up display.

Untuk urusan mesin, Yaris generasi keempat ini dilengkapi tiga mesin baru. Mesin tersebut antara lain mesin 1.500cc bensin berkode M15A dengan teknologi Dynamic Force yang dipadankan dengan transmisi 6 percepatan manual dan CVT, 1.500cc bensin hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II yang dipadankan dengan transmisi CVT dengan pilihan penggerak roda depan dan penggerak empat roda E-Four, serta mesin 1.000cc berkode 1KR yang sudah ditune ulang untuk mengurangi konsumsi BBM dan kadar emisi.

Seperti halnya mobil modern lain, Yaris baru juga dilengkapi dengan serangkaian fitur keselamatan. Salah satunya adalah Toyota Safety Sense generasi terbaru yang kini dapat mendeteksi kendaraan, pesepeda, atau pejalan kaki yang berada di persimpangan. Selain itu, terdapat fitur-fitur keselamatan lain seperti Low Speed Acceleration Control, Secondary Collision Brake, Radar Cruise Control, Lane Trace Assist, dan Auto High Beam.

Seperti disebutkan di judul artikel ini, Yaris baru ini dilengkapi banyak fitur unik dan canggih. Salah satunya adalah Advanced Park, sistem parkir otomatis yang tidak hanya mengatur belokan setir, tetapi juga input gas dan rem. Fitur ini juga mampu memarkir mobil di tempat parkir yang tidak dilengkapi garis!

Selain itu, terdapat juga fitur Turn-Tilt di jok pengemudi yang berguna untuk memutar jok keluar, yang sangat bermanfaat terutama bagi pengendara yang memakai rok, atau pengendara lansia.

Yaris generasi baru ini baru akan dijual pada kuartal pertama 2020 di Eropa dan Jepang. Belum ada kabar mengenai Yaris versi Asia, termasuk Indonesia, apakah akan menggunakan model yang sama atau akan menggunakan model yang berbeda seperti Yaris generasi sekarang. Bagaimana menurut Anda, haruskah Toyota memasukkan Yaris baru ini ke Indonesia? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar!