2020 Honda City – Serba Baru, Mesin Turbo, dan Ada Varian RS!

Sepertinya, tahun 2019 merupakan tahun yang sangat padat bagi Honda Motor Co. Ltd., dengan meluncurkan Honda e di Eropa, dan juga melakukan World Debut All New Honda Jazz/Fit di Eropa dan juga di Jepang. Dan sekarang, mereka meluncurkan All New Honda City, dengan beberapa elemen dari Honda Jazz yang baru.

Kita mulai dari luar dulu, alias desain eksteriornya. Walaupun terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, All New City mendapatkan beberapa inspirasi dari All New Jazz yang baru keluar saat Tokyo Motor Show kemarin. Seperti sebelumnya, ia tetap menggunakan Full LED Headlamp with LED DRL dan LED Foglamp.

Sedangkan untuk bagian belakang, ia mendapatkan sentuhan rear spoiler yang berwarna hitam (khusus tipe RS) dan lampu LED dengan light guide yang membuat belakang Honda City ini sangat mirip dengan BMW 3-Series G20. Deja vu? Tentu saja, mengingatkan Honda City yang sebelumnya sangat mirip dengan BMW 3-Series F30.

Untuk ukuran, sekarang ia lebih panjang, lebar, dan tinggi. Namun jika diperhatikan lagi, wheelbase dari All New Honda City ini lebih pendek dari model sebelumnya. Apakah ini akan mengurangi ruang di kabinnya? Kita belum tahu, tapi kita harus tetap menunggu tahun depan…

Photo: Honda Thailand

Bagaimana dengan interior? Sama seperti eksterior, desain interiornya juga terinspirasi dari All New Jazz, baik dengan desain dashboard maupun desain semi-bucket seat-nya. Namun perbedaannya bisa dilihat dari roda kemudinya, yang serupa dengan Honda Accord, dan speedometer yang entah kenapa sangat mirip dengan Honda Amaze terbaru yang ada di India. Tapi mudah-mudahan untuk pasar ekspor ada versi Full TFT Speedo-nya.

Untuk urusan fitur? Well, sekarang ia mendapatkan head unit 8-inch yang mempunyai banyak fitur, seperti Apple CarPlay dan AndroidAuto. Dan selain itu, ia juga mendapatkan sistem telematics Honda, yaitu Honda CONNECT. Sisanya hampir sama seperti model sebelumnya.

Nah, di sinilah update Honda City yang paling besar; mesinnya. Jika sebelumnya ia menggunakan mesin 1.5 liter naturally-aspirated, sekarang ia menggunakan mesin 1.0 liter turbocharged, dengan menggunakan sistem dual-overhead cam, dimana sebelumnya ia menggunakan single-overhead cam, dan mesin ini sama digunakan oleh Honda Jazz terbaru dan Honda Civic Hatchback. Mesin P10A2 ini menghasilkan 122 hp dan 173 nm, yang sebenarnya merupakan de-tune dari Jazz dan Civic, yang bisa menghasilkan 130 hp dan 200 nm.

Apa opinimu mengenai Honda City terbaru ini? Apakah terlalu murahan, atau kemahalan. Sampaikan komentar anda dibawah!