Daihatsu Indonesia Tertarik Bawa Smart Assist!

Jika anda sering melihat spy shot mobil-mobil kecil Daihastu seperti Thor dan Tanto yang sedang melakukan tes jalan disini, itu bukanlah pengetesan mobil sebelum diluncurkan disini. Sebenarnya, mereka sedang melakukan pengetesan terhadap fitur canggih mereka.

Daihatsu Smart Assist sendiri terdiri atas 10 fitur radar, Seperti Lane Keeping Assist, Adaptive Cruise Control, Auto High Beam, Mis-Pedal Operation Control, dan lainnya. Lineup Daihatsu pertama yang sudah menggunakan fitur ini secara lengkap baru Tanto saja.

Kendati demikian, informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber menjelaskan bahwa tidak semua fitur Smart Assist dapat masuk Indonesia karena infrastruktur yang kurang mendukung. Setidaknya itulah yang dikatakan Amelia Tjandra, Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor.

“Nggak semua fitur, nanti mubazir karena belum tentu Indonesia itu cocok. Misalnya fungsi Line Control, karena line-nya saja belum tentu ada di Indonesia. Kami sedang menganalisa mana yang cocok untuk kondisi Indonesia,” jelas Amelia.

Amelia juga menjelaskan, Daihatsu Smart Assist tidak diaplikasikan pada seluruh lineup dan variannya, serta pengaplikasiannya dapat menyebabkan kenaikan harga. Ia mencontohkan, beda harga Tanto varian bawah dan varian atas dengan Smart Assist cukup signifikan.

“Contohnya di Jepang, Tanto varian paling bawah dijual 150 Jutaan. Sementara varian lengkap dengan segala aksesoris bisa mencapai lebih dari 200 Jutaan. Di kita juga sama, antara varian bawah dan atas pasti ada nambah harganya,” sambungnya kepada sumber.

Alhasil, Smart Assist yang akan diboyong kemari baru sekedar Pre-Collision Warning, Pre-Collision Assist Brake, Mis-Pedal Operation Control, dan Adaptive Cruise Control. Untuk pengaplikasiannya, kabarnya akan pertama disematkan pada Daihatsu Rocky yang akan masuk kemari juga.