Teaser Toyota GR Yaris Keluar Bersama Spyshot-nya!

Toyota. Mereka terkenal dengan membuat mobil yang sangat amat tahan lama, walaupun juga terkenal dengan membuat mobil yang sangat membosankan. Namun itu semua berubah pada tahun 2017, dimana Akio Toyoda, sang pemimpin Toyota Motor Corporation, dengan secara langsung mengatakan dan mendeklarasikan aksi “No more boring cars!” Dan itu sudah terbukti, dengan hadirnya sasis Toyota New Global Architecture (TNGA), yang melahirkan beberapa mobil baru seperti Toyota C-HR, salah satu crossover andalan Toyota saat ini, dan membuat beberapa mobil mereka yang mempunyai citra yang membosankan, menjadi sangat dinamis dan fun-to-drive, seperti Toyota Camry dan Corolla.

Dan sekarang, perjalanan aksi “No more boring cars” ini masih berlanjut, dan kelihatannya mulai menanjak ke level yang lebih tinggi lagi. Ya, kini Toyota akan mengeluarkan hot-hatch mereka yang terbaru. Siapa lagi, kalau bukan Toyota GR Yaris! Dan kabar hotnya, ia akan mendapatkan sistem penggerak empat-roda, alias 4-wheel drive! Dari teasernya sendiri diatas, terlihat ada stiker dengan tulisan “GR-4”, dan juga terlihat semua roda bergerak.

Untuk mesinnya sendiri, belum bisa kita tebak. Namun jika dilihat balik lagi, bisa saja ia menggunakan mesin 1.8 liter, 4-silinder dengan supercharger, seperti Toyota Yaris GRMN sebelumnya. Namun yang jelas, tenaga akan naik dari sebelumnya. Jika Yaris GRMN sebelumnya bisa menghasilkan 203 hp, bisa saja GR Yaris ini menghasilkan sekitar 250-300hp! Itu sudah menginjak wilayah Civic Type R, yang menghasilkan 306-316 hp.

Dan jika teaser diatas kurang menarik bagi beberapa kalian yang sedang membaca artikel ini, santai, masih banyak sekali informasi yang kita ingin sampaikan; Toyota GR Yaris kepergok tanpa kamuflase. Dan dari hasil spyshot, kita punya kabar baik: Toyota GR Yaris tetap mempertahankan transmisi manual seperti sebelumnya!

Photo: Wheels

Ya! Bayangkan saja; hot-hatch, mesin supercharged, dengan 4-wheel drive dan transmisi manual! Kurang menarik dimana lagi sih GR Yaris ini bagi kalian? Dan ternyata, desain depannya sangat mirip dengan Toyota Yaris GR Sport generasi sebelumnya dan Toyota C-HR GR Sport. But hey, yang membuat dan merancang mobil ini adalah Gazoo Racing, jadi bukanlah sebuah masalah yang besar. Namun, yang membuat mobil ini sangat menarik adalah side profile-nya, seperti dibawah.

Awalnya, Toyota GR Yaris ini akan ditampilkan secara perdana pada ajang penutupan Rally Australia pada bulan kemarin. Namun, karena ada kebakaran hutan yang menghantam daerah New South Wales, acara ini harus dibatalkan, yang membuat Toyota terpaksa membatalkan penampilan GR Yaris secara perdana. Namun dari teaser di awal artikel, GR Yaris akan ditampilkan secara perdana pada 10 Januari tahun depan, namun masih kurang jelas apakah akan tampil pada Tokyo Auto Salon dengan atau tanpa kamuflase.

Photo: Wheels

Apa tanggapanmu mengenai Toyota GR Yaris? Apakah layak untuk masuk ke Indonesia, mengingatkan harga Honda Civic Type R sudah menyentuh Rp. 1 Miliar? Oh tunggu, kalau itu lebih baik Toyota harusnya mengeluarkan Toyota GR Corolla.