Renault Triber – Mengenal Lebih Dekat

Renault Triber adalah Mini-MPV yang dikeluarkan oleh Renault Maxindo Indonesia saat event GIIAS 2019 (Gaikindo Indonesia Internatioal Motor Show) untuk menghadapi Duo LCGC (Low Cost Green Car) Astra Group, yakni Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Namun, Renault Triber belum bias di masukan kagetori Low Cost Green Car (LGCG) karena status CBU (Completely Built Up) dari India.  Mari Kita membahas Renault Triber.

Tampang Depan Renault Triber mengusung desain ala-ala Renault Koleos dan jajaran Renault lainnya yang dibilah sebanyak 3 (tiga) buah chrome dengan Logo Renault yang besar ditengahnya dan body kit ala-ala Crossover. Tampilan muka Renault Triber mirip dengan Renault Koleos. Bisa dikatakan Renault Triber adalah Renault Koleos yang dikecilkan dan tambahan 1 row dibelakang.

Dokumentasi Pribadi

Sisi lampur Renault Triber sudah menggunakan Projector,namun lampu kecil, lampu high beam masih bolham. Sedangkan DRL (Day Running Light) sudah menggunakan LED, kemungkinan juga berfungsi sebagai foglamp. Renault Triber untuk tipe RXZ sudah menggunakan velg two-tone polish dibalut dengan  dengan ukuran 185/60/R15. Sistem pengeremannya depan sudah menggunakan Cakram, belakang masih menggunakan Tromol.

Bagian belakang Renault Triber cukup simple dengan minimnya chrome dibekang. Chrome hanya di tulisan Renault, logo Renault, tulisan Energy, dan tulisan T R I B E R yang besar. Lampu mundur, lampu sein dan lampu rem belum LED. Desain lampu belakang dinamakan dengan Eagle Beak Split Tail Lamps. Sisi Samping Renault Triber sekilas kehilatan seperti crossover mini dengan banyak aneka plastic yang dihiasinya dan ada Roof Rack di atasnya. Velg Dual rone dihiasi dengan . Desain kaca didesain seolah-olah floating roof.

Dokumentasi Pribadi

Transmisi, Renault Triber akan diluncurkan dengan 2 (dua) pilihan 5 percepatan manual dan akan tersedia 5 percepatan Otomatis. Transmisi otomatisnya dirumorkan akan menggunakan system AMT (Automatic Manual Transmision). AMT (Automatic Manual Transmision) adalah transmisi manual yang koplingnya dijalankan dengan mekanisme computer. Confirmed, Renault Triber akan masuk Indonesia April 2020

Mesin yang digunakan Renault Triber sebesar 1.000cc 3 (tiga) slinder yang menghasilkan Triber menghasilkan tenaga 72hp pada 6.250 rpm dan 96 Nm pada 3.500 rpm. Mesin ini dipasangkan transmisi manual lima percepatan dan AMT 5 percepatan disalurkan ke roda depan.

Bagian Unique Selling Point dari Renault Triber:

Dokumentasi Pribadi

Renault Triber dikelasnya sudah mengusung Keyless Entry dengan Push Start-Stop Button dan Smart Access Card. Sudah dilengkapi dengan Immoblizer. Remote tidak hanya berfungsi sebagai membuka-menutup dan meng-alarm-kan mobil, tapi bisa berfungsi untuk membuka bagasi. Speedometer Renault Triber sudah menggunakan LED Instrument Cluster satu satunya dikelasnya. Foto diatas keadaan gelap dan foto dibawwah kondisi terang.

Head Unit intergrated ukuran 8-inch yang kaya fitur, Radio, memutar audio, telepon via Bluetooth, dan memiliki Driving Eco. Head Unit ini memiliki fitur Android Auto dan Apple Car Play.

Dokumentasi Pribadi

Mode pengaturan AC paling lengkap dikelasnya dengan banyak arah semburan, open close air, mode suhu dan memliki Defogger belakang. Renault Triber dikelasnya sudah mengusung Real Double Blower, bukan model “Rear Circulation AC” pada kompetitornya dan kisi-kisi AC dibagi dua tiap row.

Safety terlengkap dikelasnya

Renault Triber sudah mengusung rem ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Braking Distriution), ISO-FIX, dan SRP Airbag (Supplemental Restraint and Protection), bahkan diharganya memiliki Side Airbag.

Easy Mode 

Fitur ini memungkinkan pengguna melepas bangku belakang dengan mudah untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang lebih besar (hingga 625 liter) dan bisa ditinggal dirumah bangku baris ketiganya.