Honda BR-V Dihentikan Penjualannya di India

Honda India baru-baru ini memutuskan untuk menghentikan penjualan Honda BR-V dari pasaran. Tentu dengan berhentinya BR-V dari pasar India, Honda Amaze menjadi satu-satunya mobil sebasis (Brio – Amaze – Mobilio – BR-V) yang tersisa di India. Kembali ke BR-V, mengapa ia dihentikan?

Menurut penuturan media setempat, Honda India menghentikan penjualan BR-V karena 2 alasan, yakni penjualannya yang menurun dan mesin yang tidak dapat memenuhi standar Bharat Stage 6 (BSVI). Memangnya seberapa besarkah permasalahannya?

Memang sejak pertama kali diluncurkan pada Mei 2016, grafik penjualannya mengalami penurunan. Pada tahun 2017, BR-V mencatat penjualan 20.000 unit. Tahun berikutnya yakni 2018, penjualannya mencapai 11.563 unit. dan tahun ketiga yakni 2019, BR-V hanya terjual 5.213 unit.

Penurunan tersebut tentu membuat Honda India memutuskan untuk menghentikannya. Selain itu, syarat mesin yang memenuhi standar Bharat Stage 6 (BSVI) tidak dapat diraih oleh mesin 1.5L L15Z1 (Bensin) dan N15A (Diesel) yang digunakan oleh BR-V di India.

Sehingga per 1 April kemarin, Honda tidak lagi mencantumkan BR-V pada website-nya, alias tak lagi dijual di India. Kini lineup Honda India tersisa Amaze, Jazz, WR-V, City, Civic, dan CR-V untuk sementara, karena rumornya HR-V dan City terbaru dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat.