Di India, Produsen Mobil Bukukan Nol Unit Penjualan Selama Pandemi

Wabah Covid-19 atau Coronavirus yang pada bulan April lalu melonjak membuat beberapa negara memutuskan untuk menutup kota sementara (lockdown). Akibatnya, tak hanya masyarakat yang merasakannya, sektor otomotif pun ikut terkena imbasnya. Kini, giliran aspek penjualan yang terganggu setelah sebelumnya aspek produksi yang terganggu.

Kejadian ini terjadi di Negeri Bollywood, India. Akibat adanya keputusan untuk lockdown, tercatat sebanyak 5 produsen otomotif besar membukukan sebanyak 0 unit penjualan mobil di bulan April. Ialah Maruti Suzuki, Mahindra, Hyundai, MG Motors, dan Toyota. Bisa dibayangkan seperti apa penjualan produsen yang tidak sepopuler mereka.

Sumber : Deccan Herald

Kalaupun ada, itupun hanya angka jumlah unit untuk keperluan ekspor. Contohnya seperti Maruti Suzuki yang membukukan 632 unit mobil, Mahindra yang membukukan 1.057 unit, dan Hyundai yang membukukan 1.341 unit kendaraan untuk diekspor di bulan yang sama. Sisa produsen lainnya, belum ada yang melaporkan hasil penjualannya.

Data lainnya menyebutkan, dari 14 produsen yang terdaftar, mereka benar-benar tidak mencatatkan penjualan. Hal tersebut sangatlah kontras dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya, yang mana penjualan dari brand yang serupa berhasil mencatatkan 245.547 unit penjualan. Artinya, penurunan hampir mencapai 100% apabila produsen lain dihitung.

Sumber : Scroll.in

Nah, apakah kejadian ini juga terjadi di Indonesia? Sepertinya tidak, selain karena peraturan yang kurang ketat, beberapa produsen memilih untuk menggunakan platform e-commerce untuk melakukan penjualan kendaraan sehingga penjualan tetap terus berjalan. Hanya saja, kemungkinan besar penjualan akan turun drastis tidak seperti biasanya.