Mengenal Hyundai Creta, Kembaran KIA Seltos yang Akan Masuk ke Indonesia

Beberapa waktu lalu, tersebar beberapa foto spy-shot dari crossover lansiran Hyundai, yakni Creta yang tengah melakukan tes jalan di daerah Jawa Barat. Kami menduga, Creta nantinya akan menjadi produk pertama yang akan dirakit secara lokal di pabrik perakitan baru Hyundai yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Nah, sebelum Creta resmi meluncur di Indonesia untuk bertarung di kelas crossover, yuk kenali lebih dalam seperti apakah kembaran dari KIA Seltos ini. Kami akan menjabarkannya kedalam 5 bagian untuk generasi keduanya saja, yang mana generasi kedualah yang akan diluncurkan di Indonesia.

Generasi Hyundai Creta

Saat ini, Hyundai Creta telah mencapai generasi kedua sejak pertama kali debut dunia pada tahun 2014. Generasi pertamanya yang berkode bodi GS ini dijual mulai tahun 2014-2020 dengan 3 nama, yakni Creta, ix25, dan Cantus. Saat itu Creta generasi pertama dijual di India, China, Rusia, Brazil, dan Algeria. Generasi pertama ini berbagi basis dengan KIA KX3

Sedangkan untuk generasi keduanya mulai dijual tahun 2019 di China dan tahun 2020 di India. Memiliki kode bodi ‘SU’, ia baru memiliki 2 nama saja, yakni Creta dan ix25. Saat ini Creta baru dijual di 2 negara saja yakni China (Hyundai ix25) dan India (Hyundai Creta). Ia berbagi basis dengan KIA Seltos, atau KIA KX3 generasi kedua.

Mesin dan Transmisi

Urusan dapur pacu, kemungkinan besar Creta spek Indonesia akan serupa dengan Creta yang dijual di India. Disana, Creta ditawarkan dengan 3 pilihan mesin, 1.4L Turbo dan 1.5L NA untuk mesin bensin, dan 1.5L untuk mesin diesel. Tapi, pasar Indonesia akan mendapatkan pilihan mesin 1.4L Turbo dan 1.5L Diesel saja.

Sedangkan untuk transmisinya, terdapat 3 pilihan transmisi sesuai dengan mesinnya. Mesin 1.4L Turbo hanya mendapatkan DCT 7-Speed, mesin 1.5L NA mendapatkan MT 6-Speed dan IVT (atau CVT), dan mesin 1.5L diesel mendapatkan MT 6-Speed dan AT 6-Speed. Sedangkan untuk pasar Indonesia, sepertinya akan mendapatkan DCT 7-Speed dan AT 6-Speed.

Varian

Varian SX Option Turbo

Di India, Creta dijual dengan 5 varian utama yakni E, EX, S, SX, dan SX Option. Tapi, tidak semua varian mendapatkan semua pilihan mesin. Contohnya seperti mesin 1.4L Turbo yang hanya tersedia di varian SX dan SX Option. Untuk pasar Indonesia, kemungkinan akan mendapatkan varian yang serupa dengan SX dan EX. Kemungkinan akan bernama GLS dan XG.

Fitur Unggulan

Traction Control Mode

Tak mungkin apabila suatu produk tidak menawarkan fitur unggulan. Nah, Creta tentunya punya fitur unggulan dibanding para kompetitornya. Untuk kenyamanan, Creta dilengkapi dengan panoramic sunroof, front ventilated seat, ambient light, dan lain-lain. Kemudian untuk hiburan, audionya menggunakan Bose® dan sudah dilengkapi dengan fitur BlueLink.

Untuk performanya, Creta ditawarkan dengan beberapa fitur seperti Traction Control Mode (Snow, Sand, Mud), Drive Mode (Eco, Comfort, Sport), dan paddle shift. Sedangkan untuk keselamatan, Creta dilengkapi dengan 6 airbags, ESC, VSM, HAC, dan rear disc brake. Semua itu terdapat pada varian teratas, dan belum tentu semuanya masuk di pasar Indonesia.

Harga

Untuk pasar India, Creta dijual dengan rentang harga mulai dari 999,000 rupee sampai 1,720,000 rupee. Jika dikonversi ke Rupiah, rentangnya mulai dari 200 Jutaan sampai 345 Jutaan. Nah, kami rasa Creta pasar Indonesia akan memiliki rentang yang sama dengan saudaranya, KIA Seltos. Artinya, rentang harganya akan berkisar antara 290 Jutaan sampai 360 Jutaan.