Toyota Fortuner Facelift 2020 Telah Hadir, dan Varian Legender Menggantikan TRD

Toyota memperkenalkan All New Fortuner pada pertengahan 2015 sebagai generasi kedua Fortuner dan diperkenalkan di Indonesia pada bulan Januari di tahun 2016. Sekarang versi ­face-lift sudah resmi keluar. Dikeluarkan untuk bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport ­facelift yang sudah diluncurkan pada pertengahan 2019 lalu.

Fortuner facelift 2020 ini berbeda, dimana kali ini mendapatkan penamaan baru, ­Legender. Legender merupakan pengganti variant TRD. Apa saja perubahan baik New Fortuner maupun Fortuner Legender?

  1. Eksterior

Fortuner

Sumber: Toyota Motor Thailand
Sumber: Toyota Motor Thailand

Bagian ­grill tidak mengalami perubahan dengan sebelumya, hanya diperbesar dan menjadi berlubang honey comb dan perombakan pada bumper dan rumah ­foglamp. Lampu sein menjadi model sequintal. Ia juga mendapatkan perubahan desain ­headlamp BI-BEAM yang Day Running Light yang lebih memanjang dari sebelumnya. Untuk lampu depan semuanya sudah all LED, baik headlamp, lampu sein dan foglamp. Velg menjadi single tone dengan desain baru.

Legender

Bagian Belakang Fortuner facelift masih sama dengan sebelumnya, hanya dibagian lampu belakang bentuknya serupa  dengan Camry TNGA-K.

Sumber: Toyota Motor Thailand
Sumber: Toyota Motor Thailand

Untuk variant Legender mendapatkan perubahan besar di grill yang mirip dengan LX570, tetapi dipisah oleh line sewarna bodi. Lampu sudah all LED baik lampu utama dan foglamp. Bagian belakang mengalami perubahan dibumper dan tulisan F O R T U N E R dibuat black doff. Velg tetap beukuran 20 inch dan menjadi 5 palang yang mirip dengan Toyota Veloz.

Sumber: Toyota Motor Thailand

Interior tidak mengalami perubahan, hanya perubahan pada fitur telematic bernama TConnect yaitu kontrol fungsi mobil dari smartphone, seperti melacak lokasi dan membatasi jarak tempuh mobil. Di head unit, kamera 360 derajat dan Apple CarPlay telah menjadi standar, lalu di dekat konsol tengah akan ada wireless charger (hanya di Legender). Spion Dimming menjadi elektronik.

Sumber: Toyota Motor Thailand

Speedometer mengalami perubahan pada ona warna instrument, untuk tipe “standard” menjadi rana biru, sedangkan Legender menjadi akses ­silver campur abu-abu dan hitam.

Sumber: Toyota Motor Thailand

Pada sektor dapur pacu, ini salah satu ubahan yang cukup besar kini mesinnya disetting lebih bertenaga. Mesin 2.800 cc diesel berkode 1GD-FTV (yang tidak dijual di Indonesia) diberikan sentuhan oleh engineer Toyota sehingga kini dapat menghasilkan tenaga 204 hp dan torsi sekitar 500 Nm. Versi sebelumnya hanya bertenaga 174 hp dengan torsi 450 Nm. Sayangnya, mesin 2.400 cc diesel berkode 2GD-FTV tetap seperti semula tanpa ubahan, tetap 150 hp dengan torsi 400nm. Transmisi sama dengan sebelumnya, 6 percepatan otomatis.

Google

Sektor safety, tidak ada yang dipangkas. Kali ini Toyota Safety Sense, hadir khsusus Legender 2.8. Toyota Safety Sense, seperti Pre Collision System, Lane Departure Alert, dan Dynamic Radar Cruise Control. Selain itu, fitur standar seperti TRC, VSC, ABS, HAC, EBD, TSC pun masih ada di mobil ini. Airbags tetap 7 airbags

New Toyota Fortuner ditawarkan dalam 2 varian besar yaitu Standar dan Legender. Di versi New Toyota Fortuner sendiri ada 3 tipe yaitu G 2WD, V 2WD, dan V 4WD (Sigma4). Masing – masing dijual dengan harga 1,31 juta Baht (586 jutaan), lalu 1,42 juta Baht (633 jutaan) serta 1,49 juta Baht (664 jutaan). Semua varian New Toyota Fortuner Standard menggunakan mesin 2GD-FTV (2.400cc). Varian Legender ditawarkan dalam 4 varian yaitu 2.4 Legender, 2.4  Legender 4WD (Sigma4)., 2.8 Legender 2WD, dan 2.8 AWD (Sigma4). Harganya, mulai 1,57 juta Baht (701 jutaan) hingga 1,85 Baht (823 jutaan Rupiah). Sedangkan di Legender , mesin 1GD-FTV (2.800cc) hanya ada di varian legender. Ada juga tambahan opsi paket spesial dengan menambah 7 ribu Baht atau setara 3 jutaan.