Toyota Corolla Cross Meluncur di Thailand, Indonesia Menyusul

Kamis (09/07), Toyota Motor Motor Thailand resmi meluncurkan C-SUV mereka, yakni Corolla Cross. Mobil ini merupakan versi SUV dari keluarga Corolla dan versi praktis dari C-HR. Dibangun diatas platform TNGA-C, Corolla Cross diposisikan diantara Yaris Cross dengan TNGA-B dan RAV-4 dengan TNGA-K.

Di Thailand, ia akan bersaing dengan Honda HR-V. Sedangkan di Indonesia, nantinya Corolla Cross akan masuk ke kelas Subcompact SUV yang dihuni oleh Hyundai Tucson, Mazda CX-30, dan Mitsubishi Eclipse Cross. Kemungkinan, harga Corolla Cross akan menjadi yang tertinggi di kelasnya, yang mana akan mepet dengan harga terendah kelas diatasnya.

Desain exterior-nya nampak seperti RAV-4 yang di diperkecil, dengan kesan futuristis ala Toyota kekinian. Bagian depannya mengingatkan pada Pick-Up atau SUV Toyota di Amerika yang mengaplikasikan grille trapezoidal berukuran besar. Meski begitu, ternyata desain tersebut cukup kontroversial, ada yang suka ada yang tidak suka.

Corolla Cross memiliki dimensi sebesar 4.460mm x 1.825mm x 1.620mm (P x L x T), dengan Wheelbase sebesar 2.640mm yang setara dengan Corolla Hatchback dan C-HR. Suspensi belakang Corolla Cross menggunakan torsion beam, Sedangkan C-HR dan Corolla sudah menggunakan indenpendent double wishbone. Untuk Toyota Corolla Cross kapasitas bagasi sebesar 487 liter. Ini yang menjadi Unique Selling Point dari Toyota Corolla Cross.  

Toyota Global

Masuk ke dalam, aura kabin bagian depan tidak ada bedanya dengan Corolla lainnya karena memang sama persis. Barulah perbedaan dapat ditemukan di kabin belakang. Toyota memberikan opsi warna interior Terra Rossa untuk 2 varian teratas untuk warna tertentu, sedangkan 2 varian terbawah harus puas dengan warna interior hitam.

Terdapat Multi Information Display (MID) 7″ untuk 2 varian teratas, power back door dengan kick sensor, power adjustable driver seat, AC dual-zone auto climate control, rear seat armrest dengan cup holders, air vents dan USB outlets di baris kedua sebanyak dua buah. Sayangnya, electric parking brake absen pada Corolla Cross, dan digantikan dengan rem parkir injak.

Fitur exterior terdapat moonroof, roof rack, LED headlights (1.8 Sport masih menggunakan halogen) dan taillights. Bagian Velg untuk Hybrid baik 1.8 Hybrid Premium maupun 1.8 Hybrid Premium Safery sudah menggunakan 18-inch dengan ukuran 225/50 R18 dengan motif two-tone, sedangkan , 17 inch single-tone dengan ukuran 215/60/R17 , dan dipakai oleh 1.8 Hybrid Smart) bentuk ke-dua nya sama, hanya berbeda di ukuran dan motif. Untuk 1.8 Sport berbeda bentuk sendiri dengan 17 inch single-tone dengan ukuran 215/60/R17.

Toyota Motor Thailand

Untuk bagian mesin untuk Corolla Cross menggunakan 1.8 liter konvensional (2ZR-FBE) dan 1.8 liter Hybrid (2ZR-FXE) dengan teknologi Toyota 4th Generation Hybrid. Konsumsi bahan bakar untuk variant hybrid diklaim rata-rata konsumsi bahan bakar hanya sebesar 23.3 kilometer per liter dengan emisi karbon dioksida (Co2) sebesar 98 gram per kilometer, sedangkan untuk variant konvensional di klaim rata-rata konsumsi bahan bakar hanya sebesar 15.4 kilometer per liter,  dengan emisi karbon dioksida (Co2) sebesar 150 gram per kilometer.

Mesin 1.8 liter konvensional (2ZR-FBE) hanya tersedia 1.8 Sports dan 1.8 liter (2ZR-FXE). Tenaga untuk yang 2ZR-FBE sebesar 140ps dengan torsi maximum 177nm di RPM 6.000 disalurkan ke roda dengan dengan transmisi Super CVT-i 7 speed with Sequintal Shift & Shift Lock. Untuk yang hybrid (2ZR-FXE) sebesar 98ps untuk mesin nya (motor listrik sebesar 72ps (kombinasi antara mesin dan motor listrik sebesar 122ps), untuk torsi nya sebesar 142nm di RPM 3.600 (torsi motor listik nya sebesar 163ps) disalurkan ke roda depan dengan transmisi E-CVT with Shift Lock.

Toyota Motor Thailand

Sektor safety, Toyota Corolla Crross memiliki teknologi namanya Toyota Safety Sense 2.0 yang meliputi  Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, and Automatic High Beam, juga terdapat Panoramic View Monitor, BSM (Blind Spot Monitor), (RTCTA) Rear CROSS Traffic Alert, dan 7 SRS Airbags. Safety lainnya seperti ABS (Anti Locking Brake System), EBD (Electronic Braker Distribution), BA (Brake Assist), VSC (Vehichle Stabilty Control), TRC (Traction Control), ESS (Emergency Stop Brake Signal), dan HAC (Hill-Start Assist Control) juga tersedia. Toyota Safety Sense 2.0 hanya hadir di 1.8 Hybrid Premium.

Indonesia juga mendapatkan Corolla Cross yang diluncrkan bulan Agustus menurut beberapa sumber dan bahkan sudah ada yang membuka open booking dibeberapa dealer. Untuk Variant kemungkinan ada 1.8 dan 1.8 Hybrid (mengikuti pasar Corolla Altis Versi Indonesia) dengan harga range 400-500 jutaan, menarik bukan?

So, bagaimana menurut kalian Toyota Corolla menarik atau tidak untuk kalian di miliki? Samapakian di Komentar.