Honda India Discontinue CR-V dan Civic, Kenapa?

India terkenal akan hubungannya dengan Maruti Suzuki. Sulit sekali bagi brand lain untuk meruntuhkan hegemoni Maruti Suzuki disana, salah satunya adalah Honda. Setelah sebelumnya mereka menghentikan Brio – Mobilio – BR-V dan menyisakan Amaze beberapa waktu silam, kini giliran CR-V dan Civic yang dihentikan.

Padahal CR-V dan Civic sering menjadi pemimpin segmennya di beberapa negara, salah satunya di Indonesia. Lalu mengapa dengan versi India? Ternyata ada dua alasan Honda memutuskan untuk menghentikan CR-V dan Civic, yakni figur penjualan dan faktor produksi kedua mobil tersebut. Seperti apa?

Dikutip dari beberapa sumber, market share dari CR-V dan Civic tidak sebesar lineup Honda lainnya. Selama periode April-November, Honda India menjual 45.690 unit kendaraan, tapi Civic dan CR-V hanya menyumbang penjualan masing-masing 850 unit dan 104 unit. Hal tersebut dikarenakan sedikitnya pilihan varian yang ditawarkan keduanya.

Kemudian, alasan CR-V dan Civic dihentikan adalah karena ditutupnya fasilitas produksi yang terletak di Greater Noida. Awalnya fasilitas tersebut memproduksi City, CR-V dan Civic. Karena ditutup, kegiatan produksi dipindahkan ke fasilitas lain yang terletak di Tapukara, Rajashtan. Sayangnya hanya City yang bisa dipindah, CR-V dan Civic tidak bisa.

Pemindahan kegiatan produksi dari fasilitas di Greater Noida ke fasilitas di Rajashtan sendiri memang merupakan strategi Honda untuk keberlangsungan hidupnya di India. Lalu untuk CR-V dan Civic, belum ada informasi lanjut apakah ia akan didatangkan secara built-up ataupun rencana melanjutkannya.