Indonesia Bakal Punya Fasilitas Uji Kendaraan Bermotor

Tahu Asean NCAP, Global NCAP, Japan NCAP, atau New Car Assessment Program Lainnya? Nah, ada kabar menarik dari Kementrian Perhubungan. Melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan menggandeng PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), mereka akan membangun fasilitas uji kendaraan bermotor di Indonesia.

Berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, fasilitas uji kendaraan bermotor (proving ground) ini akan dibangun dengan memenuhi standar internasional United Nation Regulation (UNR). Mengutip dari website dephup.go.id, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan fasilitas tersebut akan diterapkan di negara ASEAN.

“Kita akan bangun satu fasilitas yang lebih baik, lebih mumpuni, sehingga produk-produk otomotif bisa kita tes di sana dan sama canggihnya dengan negara-negara yang terkemuka. Kita memang akan membangun 19 fasilitas pengujian sesuai dengan Standar Interansional UNR yang rencananya akan diterapkan di negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Mutual Recognition Agreement,” tuturnya (10/12).

Fasilitas yang dibangun di areal Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) ini akan memanfaatkan ± 90 Ha lahan untuk pendirian 19 fasilitas UNR, 8 fasilitas pengujian outdoor (uji stabilitas, speedometer, rem, dsb), 7 fasilitas pengujian indoor (uji tabrak, sabuk pengaman, dsb), dan fasilitas pengujian khusus kendaraan listrik.

Saat ini, BPLJSKB sudah memiliki lebih dari 5 fasilitas, dengan 3 fasilitas berstandar UNR dan berstandar kualitas tinggi. BPLJSKB ditargetkan berkembang dengan menambah fasilitas berstandar UNR pada tahun 2022-2023, sehingga di tahun 2024 Indonesia sudah memiliki fasilitas uji kendaraan bermotor internasional yang kabarnya terbesar di ASEAN ini.

Sumber : www.thejakartapost.com, www.dephub.go.id