Melihat Penjualan Hyundai Kona EV dan Ioniq EV

Sudah 2 bulan lebih Hyundai Indonesia menjajakan mobil elektrik mereka, Kona EV dan Ioniq EV di pasar roda empat Tanah Air. Dengan memegang titel sebagai mobil EV termurah, kami cukup penasaran dengan penjualannya sejak pertama kali keduanya diluncurkan. Apakah respon masyarakat positif, atau malah sebaliknya?

Ternyata, masyarakat merespon kehadiran Kona EV dan Ioniq EV dengan baik. Kami terkejut saat kru kami mendapatkan informasi bahwa unit batch 2020 untuk Kona EV sudah habis, dan Ioniq EV menuju habis. Memang selain dijual kepada perorangan, Hyundai juga menjualnya untuk kebutuhan komersial.

Menurut data wholesales yang diterbitkan oleh GAIKINDO, Kona EV mencatat total penjualan sebanyak 38 unit, dimana ia terjual 20 unit pada bulan Oktober dan 18 unit pada bulan November. Sedangkan Ioniq EV mencatat total penjualan sebanyak 49 unit, dengan rincian 34 unit selama bulan Oktober dan 15 unit selama bulan November.

Hanya puluhan? Jangan salah, angka tersebut cukup besar bagi penjualan EV untuk saat ini. Selain karena harganya yang terjangkau, alasan keduanya diminati adalah adanya promo free wall charging untuk pembelian pada tahun 2020 ini. Oh ya, karena unit 2020 sudah habis, maka konsumen berikutnya baru akan menerima unit pada Februari 2021.

Sebagai informasi, Hyundai melego Kona EV seharga 674,8 Juta Rupiah. Sedangkan Ioniq EV dilego dengan 2 varian, Prime seharga 624,8 Juta Rupiah dan Signature seharga 664,8 Juta Rupiah. Cukup menarik bukan?