Mengenal A-Segment SUV, Kelas yang Akan Ramai Tahun Depan (Part 1)

Meluncurnya Kia Sonet beberapa waktu lalu menjadi awal mula terciptanya kelas baru di Indonesia : A-Segment SUV. Jika sebelumnya B-Segment SUV merupakan kelas terendah dari SUV, maka titel tersebut akan segera dipegang oleh A-Segment SUV. Berhubung kelas ini akan ramai tahun depan, kami akan membahas seperti apa A-Segment SUV itu.

A-Segment SUV ini pertama kali lahir di India, yang dipionirkan oleh Ford Ecosport generasi kedua. Kelas ini berisikan mobil berformat SUV yang memiliki ukuran bodi yang kompak dan kubikasi mesin yang kecil. Kini A-Segment SUV sudah ramai dihuni, mulai dari Maruti Suzuki yang menjadi market leader sampai Citroen yang merupakan brand baru disana.

Kira-kira seperti itulah sejarah singkatnya. Lalu, apa saja aspek dan ciri-ciri umum yang terdapat pada A-Segment SUV di pasar Indonesia?

Dimensi

Dimensi Kia Sonet

A-Segment SUV memiliki ukuran yang kompak. Untuk panjangnya berada di kisaran 3,9 meter sampai 4,2 meter. Kemudian untuk lebarnya berada di kisaran 1,65 meter sampai 1,8 meter. Sedangkan untuk tingginya berada di kisaran 1,55 meter sampai 1,65 meter. Ground clearance berada di kisaran 185 mm sampai 205 mm.

Performa

Mesin 1.0L Turbo Nissan Magnite

Ukuran yang kompak membuat A-Segment SUV tidak membutuhkan mesin berkubikasi besar. Rata-rata mesin yang digunakan adalah mesin bensin 1.000cc, 1.200cc, 1.000cc Turbo, 1.300cc atau maksimal 1.500cc. Sedangkan transmisinya akan tersedia pilihan manual, otomatis konvensional, otomatis CVT, atau yang paling buruknya ada otomatis AMT.

Harga

Daihatsu Rocky G

Ukuran kompak dan mesin berkubikasi kecil merupakan resep pas untuk membuat A-Segment SUV berharga ‘cukup’ terjangkau. Jika diperkirakan, harga dari A-Segment SUV akan berada di rentang 175 Jutaan sampai dibawah 300 Jutaan. Rentang tersebut diperkirakan berdasarkan pemain pertama kelas ini di Indonesia, yakni Kia Sonet.

Seperti itulah kira-kira aspek dan ciri-ciri umum dari A-Segment SUV. Untuk pemainnya, kami akan bahas di Part 2.