Mengenal A-Segment SUV, Kelas yang Akan Ramai Tahun Depan (Part 2)

Pemain

Seperti yang sudah diketahui, Kia Sonet telah meluncur terlebih dahulu (11/11) sekaligus membuka kelas A-Segment SUV di Indonesia. Tidaklah mungkin bagi brand lain untuk absen dalam kelas yang akan ramai tahun depan ini. Berikut adalah pemain dan calon pemain dari A-Segment SUV di tanah air, berdasarkan konfirmasi ATPM dan spy-shot yang beredar.

  • Kia Sonet

Inilah pionir dari A-Segment SUV di Indonesia. Kia Sonet yang statusnya masih CBU India ini memiliki rentang tipe yang sangat luas (Standard, Active, Smart, Dynamic dan Premier) dengan harga mulai dari 193 Juta sampai 289 Juta Rupiah. Ia Hadir dengan 1 opsi mesin (1.5L) dan 2 opsi transmisi (MT dan iVT) dengan mode berkendara.

Urusan fitur, Sonet menawarkan sesuatu yang tidak disangka-sangka, bahkan beberapa ada yang tidak dimiliki kakaknya, Seltos. Ia dibekali sunroof, headlamp dan taillamp LED, cooler seat, BOSE speaker dengan mood light, remote engine start dan lainnya. 1 kekurangannya adalah jok baris kedua yang tidak dapat dilipat 50:50 atau 60:40.

  • Nissan Magnite

Memang belum ada informasi resmi dari Nissan Indonesia terkait Magnite, tapi wujudnya sudah berkeliaran di Indonesia beberapa waktu lalu. Masih berupa mobil berkamuflase tebal yang tengah melakukan tes jalan. Kemungkinan Magnite akan diluncurkan tahun depan, jika tidak ada halangan.

Magnite yang awalnya ditujukan sebagai line-up Datsun ini nampaknya akan ditawarkan dalam varian yang cukup banyak. Namun untuk pilihan mesinnya cukup membingungkan, dimana ia tersedia dalam mesin 1.0L dan 1.0L Turbo di India tanpa adanya mesin berkubikasi lebih besar. Meski begitu, harapannya adalah mesin 1.0L Turbo yang dibawa kemari.

  • Toyota Raize

Raize merupakan penerus dari Toyota Rush short wheel-base (SWB) yang kehadirannya cukup digemari di Jepang. Kami senang ketika muncul spy-shot Daihatsu Rocky yang tengah melakukan tes jalan. Artinya, Toyota Raize juga akan hadir di Indonesia, dan menyingkirkan pertimbangan untuk menghadirkan Urban Cruiser.

Entah mesin apa yang akan digunakan nanti, tapi rasanya SUV dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini akan menggunakan unit mesin 1KR-VET 1.0L Turbo dengan transmisi CVT. Sedangkan untuk fiturnya, nampaknya Raize akan disematkan fitur Smart Assist, fitur yang serupa dengan Toyota Safety Sense (TSS).

  • Daihatsu Rocky

Seperti yang sudah kita ketahui, Daihatsu Rocky merupakan kembaran dari Toyota Raize. Rocky telah menjelma menjadi sebuah A-Segment SUV, dimana dulunya ia merupakan off-roader sejati seperti Suzuki Jimny. Rocky adalah realisasi dari konsep Daihatsu DN-Trec, yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Kami rasa, Rocky akan seperti kembaran-kembaran Toyota-Daihatsu yang lebih dulu hadir, dimana Rocky akan lebih menjual ‘Gimmick‘ dan fitur-fitur utama akan dibenamkan kepada Toyota Raize. Tapi semoga saja prediksi kami melenceng, baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan memiliki fitur yang serupa.

Nampaknya keempat mobil inilah yang terkonfirmasi akan meramaikan A-Segment SUV tahun depan. Sebenarnya masih ada Hyundai Venue, Renault Kiger, dan beberapa mobil lainnya, tapi sayangnya masih belum ada berita kuat yang menjelaskan tanda-tanda kehadirannya. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan A-Segment SUV?