Nama Toyota Innova Zenix Dipatenkan, Calon Pengganti Venturer?

Tepat dimana artikel ini dipublikasikan, Kijang Innova facelift telah meluncur 2 bulan yang lalu. Wah, waktu benar-benar cepat berlalu ya dalam masa pandemi ini. Benar-benar nggak terasa. Dan dalam jangka waktu 2 bulan terakhir ini, mulai dari awal Oktober, Innova facelift sudah diluncurkan di beberapa negara. Diantaranya adalah Vietnam, Indonesia, Thailand, dan India. Bagaimana di negara lain? Well, kebetulan, kami mendapatkan informasi mengenai salah satu calon varian baru dari MPV legendaris Toyota ini, untuk negara lain at least. Seperti apa detailnya? Yuk kita lihat lebih dalam lagi!

Dilansir dari Malaysian Intellectual Property Office (MyIPO) dan indeks WIPO Global Brand Database via AutoIndustriya, Toyota sudah mematenkan nama “Innova Zenix” pada tanggal 4 Desember kemarin. Sampai sekarang, statusnya masih dalam tahap persetujuan dan kemungkinan besar akan diluncurkan pada tahun depan. Sejauh ini belum ada lagi detail-detail lain dari varian baru ini. Namun, kami prediksi ini akan menggantikan Toyota Innova 2.0 X, yang merupakan Innova Venturer di Negeri Jiran itu. Detail-detail lain seperti mesin pun juga kami tidak bisa ramal, mengingatkan ini hanya ssekedar facelift saja. Namun, bisa saja kami salah karena berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Paul Tan pada 4 tahun yang lalu, UMW Toyota Motor, selaku ATPM Toyota di Malaysia bisa saja menawarkan mesin diesel disitu, namun belum pasti kapan dan saat itu lagi dipelajari. Dan sepertinya, nama Innova Zenix hanya akan digunakan di Malaysia saja. Atau, malah ada juga negara lain?

Dilansir lagi dari indeks WIPO Global Brand Database, ternyata Filipina adalah negara kedua yang (kemungkinan besar) akan mendapatkan varian baru ini untuk Innova facelift nanti! Dan seperti paten versi Malaysia, masih belum ada detail-detail lain dari ini selain ini. Dan sama seperti Malaysia, Innova Zenix ini bisa saja akan menggantikan Innova Touring Sport di Filipina, yang merupakan nama lain ketiga dari Innova Venturer.

Sejauh ini, detail dari Toyota Innova Zenix masih belum terungkap. Namun, bisa saja Innova Zenix ini akan mendapatkan treatment Seperti Hilux Revo Rocco/Adventure/Rogue/Invincible X dan Fortuner Legender di luar negeri. Jadi fitur-fitur seperti desain bumper khusus, motif velg khusus, Ambient Light yang ada di dashboard dan doortrim, interior two-tone, panel interior khusus, speedometer khusus, dan bahkan Toyota Safety Sense kemungkinan besar akan terjun ke Innova Zenix. Apakah Innova Zenix ini akan masuk ke Indonesia tahun depan juga, namun dengan nama Innova Venturer? Well, kita tidak tahu namun waktu akan menjawabnya.