Toyota Allion 2021 dan Levin GT 2021, Corolla Extra Long Wheel Base!

Di China, sedan dengan kabin baris kedua yang lapang adalah segalanya. Banyak pabrikan otomotif ternama yang membuat beberapa lineup sedannya memiliki wheelbase yang lebih panjang dari pasar global khusus untuk pasar China demi menciptakan ruang kabin yang lega. Salah satu yang mengikutinya adalah Toyota.

Ingat saat kami pernah mengatakan bahwa akan ada Corolla yang lebih panjang dari versi global? Ya, ternyata informasi tersebut benar terjadi. Ia diperkenalkan baru-baru ini di gelaran Guangzhou Autoshow 2020 dengan menggunakan 2 nama, yakni Toyota Allion (FAW-Toyota) dan Toyota Levin GT (GAC-Toyota).

Toyota Allion

Kami menamainya sebagai extra long wheelbase (XLWB), karena versi long wheelbase-nya adalah Corolla Sedan versi global dan versi short wheelbase-nya adalah Corolla Sedan versi Jepang. Allion dan Levin GT memiliki wheelbase sebesar 2.750 mm, lebih panjang 50 mm dari Corolla Sedan versi global dan 110 mm dari Corolla Sedan versi Jepang.

Memang secara visual tidak terlalu ketara, tapi ada satu panel yang menjadi pembeda antara Allion dan Levin GT dengan Corolla Sedan versi global atau Jepang. Ialah panel pada pilar C, dimana jika di Corolla Sedan versi global atau Jepang membulat, maka di Allion dan Levin GT bentuknya menajam. Hanya itu pembedanya.

Kemudian secara umum, Allion menggunakan basis desain yang sama seperti Corolla Prestige dengan perbedaan di bumper depan dan velg. Sedangkan Levin GT menggunakan basis desain serupa dengan Corolla Sporty yang entah ingin dibuat sporti atau elegan. interiornya serupa dengan semua versi Corolla Sedan di Dunia.

Keduanya akan ditenagai dengan unit mesin M20A-FKS 2.0L yang disambungkan ke transmisi direct-shift CVT dengan figur tenaga 176 HP dan torsi 210 Nm. Mesin ini meski serupa, ia diatur lebih besar tenaga dan torsinya dari Corolla Sedan versi global.