Duo Avanza dan Xenia Akan Menganut Aliran Front Wheel Drive?

Saatnya mengucapkan sweet-seventeen kepada si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang kini berumur 17 Tahun. Saat ini, berembus kencang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di tahun 2021 akan berganti generasi. Sudah sewajarnya TAM dan ADM melakukan major change kepada keduanya jika dilihat dari umur generasi keduanya.

Info perubahan yang membuat heboh adalah sistem penggeraknya yang nantinya akan mengikuti mengikuti mayoritas kompetitornya, yakni front wheel drive (FWD) alias penggerak depan. Saat ini Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mengganut penggerak rear wheel drive (RWD) yang selama ini menjadi nilai jual dari keduanya.

Beberapa minggu lalu, seseorang mem-posting uji coba generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan kondisi mule test. Dugaan kami, test ini dilakukan untuk pengujian sasis terbaru nya, Daihatsu New Global Architecture (DNGA) di bodi low MPV. Ciri yang terlihat adalah ketiadaan gardan belakang.

Kemudian ia tampak lebih rendah dan lebih lebar dari generasi sebelumnya karena menggunakan sasis monokok, alias sudah melepaskan sasis campuran alias unibody selama dua generasi. Posisi tutup tangki bensin berpindah ke kiri jika sebelumnya di kanan, dan rodanya menjadi baut lima (sebelumnya baut empat).

Rumor selanjutnya adalah mesin, dimana ada 3 calon kandidat mesin yang akan digunakan. Ada unit mesin 2NR-VE 1.5L, 1KR-VET 1.0L Turbo, dan 1.2L Hybrid yang dibuat oleh Toyota. Sedangkan transmisinya, dikabarkan akan ada tambahan pilihan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang akan menemani pilihan transmisi yang tersedia saat ini.

Trivia

Di Malaysia Toyota Avanza dan Daihatshu Xenia generasi terbaru diposiskan juga menggantikan menggantikam Perodua Alza yang sudah 11 tahun lamanya. FYI, untuk kode development nya untuk Avanza-Xenia D26A (ADM) dan Alza D27A (Perodua).

Untuk nama masih simpang simpang siur apakah masih menggunakan nama Avanza atau Veloz (tanpa Avanza) bahkan nama baru.

Rumor yang beredar, Avanza dan Xenia yang sekarang akan tetap dijual. Mirip kasus Suzuki Ertiga dan Suzuki APV yang jual berdampingan.

Ibaratnya Avanza-Xenia sekarang lebih ke APV yang menjual sebagai mobil semi-komersial. Avanza-Xenia terbaru dan Ertiga lebih ke end user dengan pengalaman berkendara, keamanan dan kenyamanan yang jauh lebih proper.

Peluncurannya yang kami dapat informasinya bulan peluncurannya di bulan November 2021 dan Hybrid nya menyusul di 2022. Bahkan di bulan Januari 2022 mobil ini akan menjadi komoditas pasar export.