Mengenal WISE, Fitur Kekinian Lansiran Wuling

Wuling Motor Indonesia baru saja memperkenalkan fitur WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem) beberapa waktu lalu (28/01). Fitur yang kedepannya akan disematkan pada beberapa lineup Wuling ini dibuat supaya pengguna dan kendaraan bisa saling terhubung, serta dapat membantu pengemudi dalam berkendara.

WISE terdiri atas dua fitur utama, yakni internet car dan ADAS (Advanced Driver Assistance System). Mulai dari internet car, fitur ini sebenarnya sudah lebih dahulu hadir di kembaran India-nya, yakni MG Hector dengan internet inside-nya. Fitur inilah yang akan menghubungkan pengguna dengan kendaraan secara pintar.

Internet car secara mudah dapat dikontrol menggunakan smartphone pengguna, dengan fitur seperti Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, sampai Bluetooth Key. Sedangkan koneksi internet memiliki fitur Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App yang terintegrasi oleh fitur WIND (Wuling Indonesian Command).

Kemudian untuk ADAS, ini adalah fitur active safety yang serupa dengan Toyota Safety Sense, Honda Sensing, dan lainnya. Terdapat 4 bagian utama; Adaptive Cruise (terdiri atas Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance), Lane Recognition (terdiri atas Lane Departure Warning dan Lane Keeping Assist).

Lalu terdepat Safe Distance & Braking Assistance (terdiri atas Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, dan Collision Mitigation System) dan Automatic Light (terdiri atas Intelligent Head Beam Assistance). Semua fitur ADAS berguna untuk membantu pengemudi menjalankan mobil.

Belum ada informasi lineup apa yang bakal mendapatkan fitur ini. Bisa jadi pada saat Wuling meluncurkan Almaz RS, Almaz Facelift, atau mungkin produk baru. Intinya inovasi dari brand yang baru berumur 4 tahun ini patut diacungi jempol, dan semoga saja Wuling dapat menjadi pemicu brand lain untuk menghadirkan inovasi serupa.