Prediksi mobil baru Toyota di 2021: dari Raize, sampai GR Yaris?

Pandemi Covid-19 sudah menyebabkan banyak sekali peluncuran mobil baru yang awalnya tadi ingin diluncurkan pada tahun 2020, ditunda sampai tahun 2021. Well, sekarang adalah tahun 2021. Tapi, mobil apa aja sih yang nantinya akan diluncurkan pada tahun sekarang ini? Satu per satu, kami akan memprediksikan mobil apa saja yang akan diluncurkan dari setiap produsen mobil yang ada di Indonesia. Kita awali dengan yang selalu muncul di atas berdasarkan penjualan yang terbanyak, yaitu Toyota. Kita awali dengan model yang benar-benar All New untuk pasar Indonesia.

Toyota Raize

Photo: Toyota Japan

Pertama, kita awali dengan Toyota Raize. Toyota Raize sendiri merupakan salah satu A-Segment SUV Crossover yang sangat dinantikan di Tanah Air. Meskipun belum ada pengumuman secara resmi oleh pihak PT. Toyota Astra Motor, namun dengan adanya spyshot Daihatsu Rocky di Indonesia, sangat memungkinkan untuk Toyota menawarkan Raize disini. Dan jika sudah diluncurkan (yang kemungkinan besar akan diluncurkan dengan Daihatsu Rocky secara bersamaan), ia akan bersaing dengan Nissan Magnite dan Kia Sonet.

Toyota GR Yaris

Photo: Toyota Australia

Setelah meluncurkan Toyota GR Supra pada tahun 2019, ternyata sports car dengan nama legendaris itu mendapatkan animo yang sangat tinggi di Tanah Air. Nah, jika begitu apa langkah selanjutnya bagi Toyota di Indonesia? Meluncurkan Toyota GR Yaris, kan? Dan bisa dikatakan, prediksi anda bisa saja benar. Dilansir dari Kompas Otomotif, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy bahkan mengakui bahwa meskipun GR Yaris dan Yaris spek lokal merupakan mobil yang berbeda, namun animo akan hot hatch andalan merk tiga elips tersebut sangat tinggi.

“Memang sudah banyak sekali konsumen kami yang menanyakan soal GR Yaris, kita pun sudah mendengar itu semua. Tapi perlu ditekankan, bila GR Yaris itu beda dengan Yaris yang ada sekarang. Kita akan coba pelajari pasarnya di Indonesia,” ucapnya.

Toyota Avanza

Seperti kata mutiara “Save the best for last”, tidak heran dong jika salah satu pionir MPV di Indonesia, yaitu Toyota Avanza. Pada tahun ini, nameplate Avanza akan mencapai umur 17 tahun. Dan untuk Avanza yang masih dijual saat ini akan mencapai umur 10 tahun. Dan karena itu, seharusnya Toyota dan Daihatsu sebaiknya meluncurkan generasi ke-3 nya kan? Well, seperti diberitakan sebelumnya, Toyota Avanza bersamaan dengan kembarnya, yaitu Daihatsu Xenia, akan mengalami Full Model Change pada tahun ini.

Dan generasi kali ini cukup menarik karena 2 hal. Pertama, ia akan menjadi Avanza-Xenia pertama yang mendapatkan pilihan mesin hybrid. Rumornya, ia akan menggunakan mesin 1.2 liter 4-silinder hybrid yang dirancang Toyota. Namun ini rumornya baru diluncurkan pada tahun depan (2022). Kedua adalah penggunaan sasis monocoque. Yes, tidak seperti Avanza-Xenia pada umumnya, generasi ke-3 kali ini tidak akan mengandalkan sasis semi-monocoque atau unibody. Nah, bagaimana dengan model-model lain seperti facelift?

Toyota Vios

Photo: Toyota Motor Philippines

Prediksi selanjutnya dari kami adalah Toyota Vios, sedan B-Segment andalan Toyota. Dan karena ini adalah Yaris versi sedan, fitur-fitur yang akan hadir di Vios facelift ini diprediksikan akan mempunyai perbedaan yang tidak begitu signifikan, kan?

Oke, sedikit curhat. Sebenarnya, saya sedikit males untuk cover up Vios facelift kali ini. Karena kemungkinan besar, seperti Yaris facelift kemarin, bisa saja 7 Airbags dijadikan sebuah option. Padahal versi sebelumnya saja itu merupakan fitur tetap alias standard. Dan perlu diingatkan, Vios spek luar tetap mempertahankan 7 Airbags sebagai fitur standard dan bahkan menambahkan fitur Toyota Safety Sense! Moving on…

Toyota Kijang Innova & Fortuner?

Photo: PT. Toyota Astra Motor (TAM)

Sebelum kita terjun ke detail lebih jauh mengenai ini, kita coba klarifikasi terlebih dahulu dulu. Memang Kijang Innova dan Fortuner baru saja mendapatkan refresh pada Oktober kemarin. Namun, muncul juga rumor dimana Innova dan Fortuner pada tahun ini akan mendapatkan model baru. Rumornya, ini peluncuran Kijang Innova & Fortuner yang kali ini merupakan sesuatu yang sangat spesial bagi Toyota.

Kenapa? Dari rumor yang kami dapatkan, peluncuran Innova dan Fortuner di tahun ini merupakan kado dalam perangkaian 50th Anniversary-nya PT. Toyota Astra Motor, yang merupakan ATPM Toyota di Indonesia. Dan karena ini, kami memperkirakan kedua mobil spesial tersebut akan keluar pada April 2021. Dan berdasarkan informasi yang kita dapatkan, Toyota rencananya akan mengeluarkan Kijang Innova TRD Sportivo. Bagaimana dengan Fortuner? Informasi yang kita dapatkan juga mengatakan bahwa Fortuner akan mendapatkan warna interior yang beda, walaupun tidak dicantumkan warna apa. Apakah Legender? Intinya ditunggu saja.