Detail Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Spek Indonesia

Dengan hadirnya Kia Sonet dan Nissan Magnite di Tanah Air, kini kelas A-Segment Crossover sedang booming, disaat demand untuk SUV kecil (seukuran A-Segment Hatchback seperti Brio, Agya dst.) juga sedang meningkat. Hal ini pastinya tidak ditinggal sia-sia oleh pemain lama pasar otomotif di Indonesia, termasuk Toyota dan Daihatsu, yang mempunyai persentase market mobil kecil yang tidak begitu kecil. Jadi, langkahnya untuk mereka berdua sebaiknya untuk membuat A-Segment Crossover yang bisa bersaing dengan Kia Sonet dan Nissan Magnite dong? Dan untungnya, mereka sudah tersedia sebuah pilihan, yang kebetulan dijual juga di negara asalnya, yaitu Jepang.

Harga dan Tipe

Kita awali dengan harga dan tipe. Memang harga dari duo Raize-Rocky ini belum keluar, namun data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sudah ada, sudah bisa dibuat harga estimasi. Oh, dan jika ada bertanya mengapa itu hanya tercantum A25xRA dan A25xRS, itu karena A25xRA dan A25xRS merupakan kode sasis dari duo Raize-Rocky. Dan untuk Raize dan Rocky, masing-masing akan mempunyai 3 tipe yang berbeda. Untuk Daihatsu Rocky, ada;

  • 1.2 M (M/T & CVT) dengan estimasi harga Rp. 170-188 jt berdasarkan NJKB
  • 1.2 X (M/T & CVT) dengan estimasi harga Rp. 193-205 jt berdasarkan NJKB
  • 1.0 R (M/T & CVT) dengan estimasi harga Rp. 212-225 jt berdasarkan NJKB

Sedangkan untuk Toyota Raize akan tersedia dengan tipe;

  • 1.2 G (M/T & CVT) dengan estimasi harga Rp. 196-211 jt berdasarkan NJKB
  • 1.0 G (M/T & CVT) dengan estimasi harga Rp. 216-231 jt berdasarkan NJKB
  • 1.0 GR Sport (CVT Only) dengan estimasi harga Rp. 244-266 jt berdasarkan NJKB

Dan pastinya anda bertanya dong, “Kok ada tipe GR Sport? Bukannya TRD Sportivo ya?” Well, kami juga mempunyai dugaan seperti itu setiap kali Toyota mendatakan produknya untuk Tipe S. Seperti Toyota Rush S, yang sebenarnya adalah tipe TRD Sportivo. Namun, penemuan kami di Berita Desain Industri di Database Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengatakan hal yang lain.

Mengapa? Karena selain mematenkan bodykit dan side visor, PT. Toyota Astra Motor dan PT. TRD Indonesia juga mematenkan decal samping untuk Toyota Raize. Dan decal samping tersebut bukan decal TRD, melainkan decal GR. Dan jika sedang bertanya mengapa tipe GR Sport mempunyai harga yang berbeda, itu karena ia bisa dibeli dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) atau tanpa fitur tersebut.

Interior dan Fitur

Yes. Toyota Raize akan dibekali fitur driver assist yang akrab dikenali sebagai Toyota Safety Sense (TSS) untuk produk Toyota. Untuk fitur ini akan saya jelaskan di bagian yang beda saja. Jadi, bagaimana untuk fitur lain? Well, kami prediksi fiturnya akan mirip-mirip saja. Seperti Smart Entry with Push Start Button instrument cluster full digital yang berukuran 7 inci untuk tipe atasnya. Dan kami prediksi untuk Raize GR Sport akan mempunyai animasi khusus dengen logo GR. Dan tentunya, head unit yang dibekali dengan Apple CarPlay dan AndroidAuto tentunya akan hadir di crossover mungil ini.

Bagaimana untuk sisi kepraktisan? Ternyata, Raize-Rocky ini mempunyai fleksibilitas yang bisa dikatakan sangat bagus. For starters, ia mempunyai 12 tempat penyimpanan, dan juga bagasi yang luas. Dan dengan tray bagasi yang mempunyai dual stage, luas maksimal Raize-Rocky ini bisa mencapai 369 L! Dan tidak seperti Kia Sonet, kursi baris keduanya bisa dilipat 60:40.

Mesin dan data teknis

Mesin 1KR-VET (Photo: Daihatsu)

Untuk mesin sendiri, seharusnya sama seperti yang ada di Jepang dong, mengingatkan ini merupakan model Daihatsu pertama di Indonesia yang menggunakan sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA)? Well, disini kami akan bilang yes and no. Yes, karena di data NJKB tercantum varian 1.0, dan no karena tercantum juga varian 1.2 di NJKB. Jadi untuk pasar Indonesia, Daihatsu dan Toyota akan menawarkan mesin 1.2L NA dan mesin 1.0L Turbo untuk Rocky dan Raize. Mesin 1.2L 3NR-VE dengan output 88 PS dan 104 nm pastinya akan hadir bagi konsumen yang masih takut dengan mesin turbo.

Namun, bisa saja output 3NR-VE untuk Raize-Rocky berbeda dari yang sudah ada di Agya-Ayla dan Calya-Sigra, mengingatkan ada pilihan transmisi CVT. Sedangkan mesin 1.0L Turbo dengan kode 1KR-VET menghasilkan output 98 PS dan 140 nm. Jika anda khawatir mengenai konsumsi BBM Raize-Rocky yang menggunakan mesin 1.2L NA, sebenarnya tidak perlu begitu khawatir dengan 2 faktor. Efisiensi dari mesin 3NR-VE sebenarnya sudah terbukti via Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Dan bobot Raize-Rocky tidak sampai 1000kg (985kg).

Keselamatan

Photo: Daihatsu

Seperti yang kami sudah sebut, Toyota Raize GR Sport akan mendapatkan paket fitur Toyota Safety Sense (TSS). Namun tidak seperti Toyota yang lain, sistem TSS yang ada di Raize sebenarnya adalah buatan Daihatsu, yang kebetulan mempunyai nama sendiri yaitu Daihatsu Smart Assist (DSA). Fitur yang ada di di DSA kurang lebih mirip sekali dengan TSS. Sudah ada Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Assist (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam (AHB). Bedanya? Jika untuk TSS dia menggunakan Monocular Camera dan Milimeter Radar Wave Sensor, DSA mengandalkan 2 Monocular Camera tanpa Milimeter Radar Wave Sensor. Sistemnya bisa dikatakan mirip dengan Advanced Safety Assist (A.S.A.) yang ada di mobil Perodua. Dan sejauh ini, hanya Raize saja yang tampaknya akan mendapatkan fitur ajaib ini sedangkan Rocky tidak.

Bagaimana untuk fitur safety lainnya? Selain paket fitur Toyota Safety Sense (TSS), kami prediksi Blind Spot Monitor (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) akan dipasang juga. Lalu bagaimana dengan Rocky yang tidak mendapatkan Daihatsu Smart Assist (DSA)? Kami prediksi ia akan mendapatkan fitur 360° Camera seperti di Jepang dan saudara SUV-nya satu lagi, yaitu Daihatsu Terios. Jadi bisa saja Rocky mengandalkan kamera 360°, sedangkan Raize mengandalkan TSS. Dan fitur lain seperti 6 Airbags, VSC, TRC, dan HAC pastinya sudah disematkan kepada duo Raize-Rocky ini. Bisa untuk semua tipe, tapi bisa juga untuk tipe tertentu.

Info Menarik Lainnya

Menariknya, seperti halnya Agya-Ayla dan juga Rush-Terios, duo Raize-Rocky ini akan memiliki kembaran ke-tiga. Dan kembaran ke-tiga itu juga berasal dari Negeri Jiran, yaitu Perodua D55L, yang nama aslinya masih belum terkuak. Sepertinya, spesifikasi yang akan disematkan dalam crossover tersebut akan sangat mirip dengan yang ada di Indonesia. Ia tetap mendapatkan paket fitur Advanced Safety Assist (A.S.A.) 3.0 yang serupa dengan Daihatsu Smart Assist (DSA) dan Toyota Safety Sense (TSS). Dan menariknya, Perodua D55L ini akan mempunyai head unit 9″ dengan fitur voice command “Hey, Google.”

Nah begitulah detail mengenai Daihatsu Rocky dan Toyota Raize untuk pasar Indonesia. Apa harapan anda untuk crossover mungil ini? Apakah akan mendominasi jalanan Indonesia seperti HR-V atau apakah anda harap yang lebih dari duo Raize-Rocky?