Hari Ini, Honda Luncurkan 3 Model Baru Sekaligus!

Setelah lambatnya kurang lebih 1 tahun, kini akhirnya Honda meluncurkan 1 model baru. Tapi benarkah 1 model baru, atau apa ternyata ada 3 model baru yang diluncurkan oleh Honda hari ini? Well, ternyata Honda mempunyai 3 surprise untuk kita, yaitu New Honda CR-V, New Honda Odyssey, dan Honda Brio Urbanite Edition. Apa saja sih yang baru, dan apa saja yang belum berubah?

Honda Brio RS Urbanite Edition

Photo: Honda Indonesia

Pada tahun kemarin, Honda Brio resmi mengambil tahta “Mobil Paling Laris di Indonesia”, yang sebelumnya dipegang oleh Toyota Avanza. Dan untuk merayakan prestasi ini, Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Brio RS Urbanite Edition. Apa saja yang baru dari A-Segment Hatchback ini? Well, ga begitu banyak ya. Diantara lain, ia mendapatkan bodykit baru, door handle warna hitam, spion hitam, dan juga black roof. Jika diperhatikan, bodykit dari Brio Urbanite Edition ini seperti bodykit yang ada di Honda Small RS Concept yang pernah tampil di booth Honda pada Indonesia International Auto Show (IIMS) 2018.

Honda CR-V Facelift

Photo: Honda Indonesia

Akhirnya setelah lambat 1 tahun, Honda resmi meluncurkan model terbaru dari salah satu SUV terlarisnya, yaitu Honda CR-V. Dari eksterior, kini bumpernya mendapat sentuhan hitam doff, dan grillenya kini mendapatkan sentuhan piano black. Mungkin karena kebanyakan owner sebelumnya ganti grill model Modulo kali ya? Dan selain itu, Headlamp Full LED yang kini mempunyai Sequential LED Turn Signal hadir untuk semua tipe! Yes, bahkan tipe paling rendah, yaitu tipe 2.0 juga mendapatkan LED Headlamp. LED Foglamp juga kini hadir untuk semua tipe. Namun tipe 2.0 bentuk foglamp-nya masih membulat, sedangkan untuk tipe 1.5 Turbo dan 1.5 Prestige tetap mengotak. Dan khusus 1.5 Prestige, Power Back Door-nya kini mendapatkan kick sensor, seperti layaknya Toyota Fortuner facelift dan juga Mitsubishi Pajero Sport facelift yang keluar 2 hari yang lalu.

Masuk ke interior, dan sudah terlihat ada 2 perbedaan yang mencolok. Diantaranya adalah Instrument Cluster Full Digital dengan layar 5″ TFT dan Head Unit 7″ yang kini mirip seperti head unit CR-V di luar dan bukan lagi head unit ala HPM. Yang artinya, kini Honda CR-V sudah mendapatkan Apple CarPlay dan AndroidAuto seperti Honda Accord! Selain itu, ada juga penambahan 2 USB port di depan dan juga 2 USB port untuk kursi baris ke-2. Beberapa fitur tambahan lain, seperti Remote Engine Start, Auto Wiper, Auto On/Off Headlight dan Multi-Angle Rear View Camera sudah ada khusus 1.5 Turbo dan 1.5 Prestige.

Untuk urusan teknis, Honda CR-V belum mendapatkan perubahan yang begitu signifikan. Namun hal tersebut tidak bisa dikatakan untuk urusan keselamatan. Selain hadirnya 6 Airbags untuk semua tipe (mulai dari tipe 2.0 sampai ke 1.5 Prestige), kini Honda Sensing hadir untuk CR-V 1.5 Prestige. Honda Sensing terkomposisi dengan Collision Mitigating Braking System (CMBS), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Auto High-Beam (AHB), dan Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow (LSF). Namun, ternyata bukan hanya Honda CR-V yang mendapatkan Honda Sensing, sekaligus facelift.

Honda Odyssey Facelift

Photo: Honda Indonesia

Ternyata bukan hanya CR-V saja, namun Honda Odyssey juga mendapatkan facelift, dimana penambahan fiturnya kurang lebih sama seperti yang ada di CR-V Facelift. Dan sama seperti CR-V, ia mendapatkan Sequential Turn Signal, namun untuk di depan dan di belakang. Dan masuk ke dalam, kini desain interiornya pun ikut berubah. Terlihat bahwa ia mendapatkan Head Unit 8″, Instrument Cluster dengan layar 7″ TFT, roda kemudi desain baru yang persis kita temukan di Accord, dan juga kisi AC yang berubah. Ia pun juga mendapatkan Power Back Door dengan Kick Sensor dan Reservation Door Lock, dimana sliding door akan tutup sendiri jika menekan tombol kunci di pintu dan mengunci semua pintu.

Dan sama seperti CR-V dan Accord, Honda Odyssey kini mendapatkan Honda Sensing. Yang artinya, Honda Odyssey menjadi model ketiga yang mendapatkan fitur active safety tersebut untuk model Honda yang dijual di Indonesia. Selain itu, fitur unggulan seperti Multi View Camera Assist, Smart Parking Assist System, Blind Spot Information, dan Cross Traffic Monitor tetap hadir di facelift ini. Fitur amenities lain, seperti Walk Away Auto Lock, Auto Dimming Rear View Mirror, dan Courtesy Light kini hadir.

Bagaimana soal harga? Well, kami cantumkan harganya dibawah, untuk daerah DKI Jakarta.

Harga Honda Brio RS Urbanite Edition

  • Belum ada Harga (Rilis Maret 2021)

Harga Honda New CR-V

  • 2.0: Rp. 489 Juta
  • 1.5 Turbo: Rp. 522,7 Juta
  • 1.5 Turbo Prestige: 577 Juta

Harga Honda New Odyssey

  • Rp. 888 Juta

Wah, ternyata semakin kesini, Honda mulai masuk dalam tahap bertobat ya. Nah, bagaimana tanggapan anda soal peluncuran 3 model dari Honda? Apakah anda berharap lebih lagi? Kami juga barusa mendapatkan informasi bahwa masih ada sekitar 6 produk baru lagi yang akan meluncur tahun ini! Diantaranya ada City Hatchback dan Sedan!