Mazda Daftarkan CX-3 Bermesin 1.500cc, Berpotensi Ambil Pasar HR-V?

Jika anda ingin sebuah B-Segment Crossover, pasti pilihannya Honda HR-V kan? Untuk ini, saya tidak ingin ber-argumen panjang-panjang, karena kebetulan saya adalah mantan pengguna dari Honda HR-V. Kabin fleksibel, harga yang sangat masuk akal, dan pengendalian yang tergolong lumayan. Sepertinya, memang tidak ada ya bisa mengambil tahta HR-V ini. Atau, apakah ada? Sepertinya Mazda bisa menjawab ini, karena mereka baru saja mendaftarkan Mazda CX-3 1.5 di Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)!

Photo: Mazda

Nah, sebenarnya CX-3 dengan pilihan mesin 1.5L atau 1.500 cc ini sudah hadir terlebih dahulu di Jepang. Mesin P5-VPS yang menggunakan teknologi SkyActiv-G ini menghasilkan 114 hp di RPM 6,000 dan 150 nm di 4,00 RPM. For your information, mesin ini sudah digunakan terlebih dahulu di Mazda 2, dan Mazda MX-5 (di Jepang). Jika dibandingkan dengan HR-V 1.5L, ia kalah 4 hp, namun ternyata CX-3 1.5 ini bisa menghasilkan torsi 5 nm lebih baik dari HR-V 1.5. Pilihan transmisi? Transmisi otomatis 6-percepatan yang sama persis di CX-3 yang menggunakan mesin 2.0 liter.

Photo: Mazda

Untuk urusan fitur dan sebagainya, memang sampai sekarang belum terkuak. Namun, bisa saja ia mempertahankan fitur-fitur dari tipe atasnya yang menggunakan mesin 2.0 liter. Dan bisa juga untuk tipe terendah dari CX-3 1.5L ini, ia menggunakan velg single-tone seperti di Jepang (untuk yang 1.5L ya), jok kulit diganti menjadi jok fabric, sunroof dilempar keluar, dan fitur heads-up display disunat. Sisanya mirip seperti tipe atasnya, seperti MZD-Connect yang sudah bisa support Apple CarPlay dan AndroidAuto dan Electronic Park Brake with Auto-Hold. Namun, hanya Eurokars Mazda yang tahu soal ini.

Bagaimana dengan harganya? Nah, jika anda anggap harga CX-3 sekarang mahal dan ketinggian, dan bergembiralah jika CX-3 akan tersedia dengan mesin 1.5L, karena harganya akan menjadi sangat kompetitif. Melihat dari situs Info NJKB, ia tercatat dengan nilai Rp. 243,000,000. Dan jika kita menghitung PPnBm dan sebagainya, kemungkinan besar CX-3 1.5L ini akan dijual di angka 300-350 juta! Ini artinya dia sudah bisa head-to-head dengan Honda HR-V E dan SE dan Kia Seltos EX dan EX+. Apa harapanmu untuk CX-3 1.5L ini? Saya rasa ini bisa saja menjadi game changer.