Media Test Drive Hyundai All-New Palisade

Kamis lalu (04/02), tim Cardrive Indonesia mendapat kesempatan untuk menjajal Hyundai All-New Palisade pada acara media test drive yang diselenggarakan oleh Hyundai Motors Indonesia (HMID). Acara yang bertajuk “A Remarkable Journey” ini mengajak rekan-rekan media untuk mengeksplor lebih jauh SUV terbesar lansiran Hyundai ini.

Berbicara sekilas soal Palisade, Indonesia menjadi negara kedua di dunia yang mendapatkan Palisade dengan format right hand drive (RHD). Tentu ini berkat optimisme Hyundai Motors Indonesia, bahwa Palisade akan mudah diterima masyarakat. Benar saja, laporan terakhir menyebutkan bahwa booking Palisade sudah mencapai sekitar 200 unit. Wow!

Kembali ke media test drive, acara yang dihelat dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta sejauh 135 kilometer ini kami ikuti dengan menggunakan unit Palisade varian Signature 2.2 front wheel drive (FWD). Tipe inilah yang paling laris diantara semua varian Palisade yang harga resminya adalah 888 Juta Rupiah. Oke, kami lanjut ulasannya.

Acara dimulai di Hutan Kota by Plataran, kawasan GBK untuk berjalan menuju ke Anantya Riding Club, Bogor. Pada sesi test drive ini, kami berkesempatan untuk menjajal baris keduanya. Sepasang captain seat mengisi kabin baris kedua, dan rasanya enak sekali! Ditambah adanya ventilated seat membuatnya semakin nyaman.

Ia dilengkapi port USB untuk charging di belakang jok baris pertama untuk kedua sisi, juga power outlet 12V di bawah console box. Karena ini varian Signature, terdapat moonroof di atapnya yang sayangnya tidak dapat dibuka. Tak lupa, AC kabin belakang dapat diatur suhunya terpisah dari depan. Sungguh memanjakan penumpang.

Sampailah kami di Anantya Riding Club, untuk berkuda dan beristirahat. Kemudian ada penjelasan fitur smart power tailgate, fitur pintu bagasi elektris yang dapat membuka ketika pemegang kunci berada di area pintu bagasi, dan rear occupant alert, fitur pengingat bila pemilik meninggalkan mobil tetapi lupa masih ada seseorang di dalam kendaraan.

Kami melanjutkan perjalanan ke Vimala Hills, Bogor. Satu yang saya takjub dari Palisade, peredaman mobil ini kedap, ditambah digunakannya double glass di kaca baris depan. Mobil ini bermesin diesel, tapi heningnya bagaikan mobil bermesin bensin! Mungkin orang awam akan mengira bahwa ini adalah mobil bensin.

Setelah dari Vimala Hills dan menuju Villa Aman D’sini, Bukit Pelangi, giliran kami berada di balik stir. Palisade dilengkapi mesin R 2.2L turbodiesel dengan tenaga 200 HP dan torsi 440 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Rute menuju Villa Aman D’sini yang terjal dan berkelok-kelok dapat dilalui dengan sangat mudah.

Tenaganya terasa seperti tidak ada habis-habisnya. Sedangkan di jalur lurus, ia sangat mudah untuk dipacu. Bahkan di virtualisasi gigi-8, ia masih bisa untuk dipacu secara effortless. Sedangkan untuk handling-nya, Palisade dapat mudah mengontrolnya, karena bahkan limbung-pun hadir sangat minim. Bantingannya? Empuk khas mobil Eropa.

Di Villa Aman D’sini, kami hanya beristirahat sebentar, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke titik terakhir acara. Pihak Hyundai Motor Indonesia memberikan kebebasan pada arah pulang ini, dimana peserta boleh memacu Palisade-nya sesuka hati. Tentunya, dengan memperhatikan keselamatan mengingat cuaca sedang hujan.

Mencoba mengulik lebih dalam mesin R 2.2D ini memang tidak ada puasnya. Selain bisa diajak ngebut, ia bisa diajak hemat juga. Taruhlah mode berkendara di eco, ia akan menahan putaran mesin untuk menciptakan konsumsi BBM yang hemat. Kami mendapat konsumsi BBM rata-rata 12-14 Km/L.

Singkat cerita, sampailah kami di Museum Mandala Sakti, Jakarta atau titik terakhir acara ini. Ada penyampaian materi terakhir sebelum acara selesai. Menurut kami, Hyundai Motors Indonesia ini benar-benar ingin mengangkat image mobil Korea yang sempat dicap sebagai mobil rewel. Salah satunya melalui Palisade ini.

Fiturnya cukup lengkap, kualitasnya nampak mahal, mesinnya yang tangguh, dan sebagainya. Terbukti kan, mengapa booking-nya mencapai 200 unit? Jadi menurut kami, Palisade sangat worth untuk dimiliki. Apalagi jika anda lebih mengutamakan keluarga, karena Palisade berfokus pada kenyamanan penumpang, tapi pengendaraan juga tetap oke.

Sumber foto : Pribadi, Hyundai Motors Indonesia