BMW Indonesia Resmi Luncurkan M3 Competition dan M4 Competition

BMW Indonesia secara resmi meluncurkan dua lineup sekaligus dari divisi M, yakni M3 dan M4 secara virtual (30/06). Terasa cepat dan totalitas? Ya, ini berkat kesuksesan divisi M tahun lalu, dimana mereka berhasil menjual 144.231 unit kendaraan dan menjadikan 2020 sebagai tahun paling sukses dalam sejarah divisi M. Padahal seperti yang kita ketahui, tahun 2020 adalah tahun paling malang akibat adanya pandemi Covid-19. Kembali ke BMW M3 dan M4, apa yang ditawarkan untuk pasar tanah air?

BMW M3 dan M4 untuk pasar Indonesia hadir dalam varian Competition saja. Ya, langsung varian Competition, yang mana hal tersebut merupakan perdana dalam sejarah divisi M di Indonesia. Varian Competition ini menawarkan perbedaan pada segi output mesin meski varian standarnya menggunakan mesin yang serupa. Mesin S58 M 3.0L I6 dengan twin turbo dan transmisi M Steptronic 8 speed-nya mampu menghasilkan tenaga 510 HP dan torsi 650 Nm. Lebih besar 30 HP dan 100 Nm dari varian standarnya.

Tenaga tersebut bisa diatur berkat hadirnya Dynamic Stability Control dengan M Dynamic Mode dan 10-Stage Traction Control. Pengaturan yang memungkinkan dilakukan adalah pengaturan mesin, shifting assistant, sasis, steering, dan pengereman. Kerennya, BMW M3 dan M4 yang dikenal ahli dalam drifting kini disematkan M Drift Analyser, semacam juri yang dapat mengukur kemampuan drifting penggunanya. Keren bukan?

Diluar itu, kelengkapan varian Competition tidak ada bedanya seperti varian standarnya. Pada eksterior, terdapat penggunaan M aero package, atap carbon fiber reinforce polymers (CFRP), M forged wheel style 825 M dengan ukuran 19″/20″ (depan/belakang), dan sebagainnya. Sedangkan pada interiornya, keduanya mendapatkan M sport seats dengan iluminasi M3/M4, M leather steering wheel, M seatbelts, bahan M leather “Marino”, dan kelengkapan lainnya. BMW juga menyediakan varian bagi konsumen yang menginginkan spesialisasi, yakni varian Individual yang dikatakan membuat tampilan mobil menjadi ‘Race Car Look’.

Untuk harganya, BMW M3 Competition dibanderol sebesar 2,059 Miliar Rupiah dan M3 Competition Individual dibanderol sebesar 2,599 Miliar Rupiah. Sedangkan BMW M4 Competition dibanderol sebesar 2,119 Miliar Rupiah dan M4 Competition Individual dibanderol sebesar 2,659 Miliar Rupiah, yang semuanya dalam kondisi off-the road. Konsumen yang tertarik bisa langsung memesannya sekarang juga, karena keduanya hadir dengan sangat terbatas. Bagaimana menurut anda?