Honda All-New BR-V Debut, Usung Honda Sensing!

Honda BR-V yang saat ini beredar telah menginjak umur lima tahun, dimana artinya Low SUV tersebut masuk dalam kategori ‘tua’ menurut Honda. Benar saja, kemarin (21/09) PT. Honda Prospect Motor (HPM) resmi melakukan debut dunia dari Honda All-New BR-V secara virtual pada channel YouTube resminya, Hondaisme.

Honda All-New BR-V dengan kode DG3 ini mengambil berbagi platform dengan Honda Amaze generasi kedua, dan bukan lagi merupakan ‘Mobilio yang ditinggikan’. Honda menyatakan bahwa All-New BR-V dirancang dengan memadukan ketangguhan layaknya SUV dan kenyamanan serta utilitas bagaikan MPV.

Secara tampak, All-New BR-V memiliki paras yang 90 persen mirip dengan konsep Honda N7X dengan desain yang sederhana namun tetap gagah. Tedapat headlamp LED multireflector dengan LED DRL dan LED foglamp. Disamping, kesan gagah terpancar dari velg yang besar dan add-on fender. Di belakang, desainnya dibuat minimalis dengan taillamp ala Honda City.

Masuk ke dalam, langsung terlihat jelas dasbor dan lingkar kemudi yang menyerupai Honda Amaze generasi kedua, namun dengan rona warna gelap sampai ke bagian atapnya. Pada trim tertinggi, joknya dilapis full dengan bahan kulit, soft-touch pada doortrim dan dasbor, serta hadirnya armrest pada jok baris kedua.

Soal fitur, All-New BR-V hadir dengan fitur yang sangat banyak. Kini fitur seperti VSA+HSA dan airbag 6 titik sudah menjadi standar. Kemudian pada trim tertentu terdapat remote start engine, walk away auto lock dan power outlet untuk semua baris. Entertainment system dengan layat 7″ dan konektivitas smartphone juga telah menjadi standar.

Fitur yang paling menarik pada All-New BR-V adalah hadirnya Honda Sensing pada trim tertingginya! Fitur kekinian berupa active safety ini terdiri atas adaptive cruise control, lane keeping assist, road departure mitigation, collision mitigation brake system, dan lead car departure notification. Oh ya, terdapat juga fitur Honda LaneWatch.

Urusan performa, Honda mengandalkan mesin yang serupa dengan Honda City Hatchback pada All-New BR-V. Ialah mesin baru L15ZF 1.5L DOHC dengan teknologi i-VTEC. Mesin yang diberikan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis CVT serta mode Eco ini dapat menghasilkan figur tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm.

All-New BR-V baru akan resmi dijual awal tahun depan, dengan pilihan trim S (MT), E (MT/CVT), Prestige (CVT) dan Prestige with Honda Sensing (CVT) dengan perkiraan harga mulai dari 260 jutaan sampai 350 jutaan tanpa potongan PPnBm. Bagaimana menurut Anda?