All New Honda HR-V pakai mesin turbo?

Sepertinya, tahun 2021 adalah redemption year untuk PT. Honda Prospect Motor, yang berlaku sebagai ATPM Honda di Indonesia. Setelah meluncurkan Odyssey Facelift, CR-V Facelift, City Hatchback, dan juga tidak melupakan All New BR-V yang sudah keluar pada bulan September kemarin, ternyata stok produk baru dari merk H tegak ini masih banyak. Selain berencana untuk mengeluarkan All New Civic dan menambahkan opsi Honda Sensing untuk City Hatchback, ternyata Honda sedang bersiap-siap juga untuk meluncurkan All New HR-V!

Photo: Honda Motor Co. Ltd.

Mengapa demikian? Well, setelah Honda mendaftarkan paten desain dari salah satu crossover terlaris ini, ternyata daftar nilai jualnya terkuak juga dari daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang ada di website SAMSAT. Dari situ juga, sepertinya Honda HR-V terbaru ini akan hadir dengan 4 pilihan varian, dan semuanya akan menggunakan mesin dengan kapasitas 1.5 liter. Namun, ada suatu twist disitu.

Photo: INFORMASI NILAI JUAL KENDARAAN BERMOTOR

Meski semua tipe HR-V mempunyai kapasitas mesin yang sama, namun itu bukan artinya seluruh tipe akan menggunakan mesin L15ZF yang ada di City Hatchback dan BR-V. Mesin itu akan hanya ditawarkan untuk tipe S, E, dan SE. Sedangkan untuk tipe teratas, ia akan menggunakan mesin L15B7 alias mesin Civic Turbo. Dan selain itu juga, tipe teratas dari HR-V ini bukan lagi Prestige, namun RS. Mungkin biar sesuai dengan karakternya nanti ya, walau artinya tetap “Road Sailing”, bukan “Road Sporty”.

Dan walaupun banyak kabar baiknya dari situ, namun ada saja kabar buruknya, walau hanya satu; transmisi manual kini tidak ditawarkan untuk Honda HR-V lagi. Bagi kami, ini merupakan hal yang sedih karena transmisi manual dari HR-V ini merupakan salah satu mobil dengan transmisi manual yang sangat baik di pasar sekarang, Namun, ya transmisi CVT Honda ga kalah seru juga sih walau ga se-seru manual biasa.

Untuk prediksi spesifikasi dan harga, akan kami buat untuk artikel selanjutnya. Jadi untuk sekarang, inilah daftar NJKB dari Honda All New HR-V spek. Indonesia!

  • HR-V 1.5L S CVT – Rp. 225,000,000
  • HR-V 1.5L E CVT – Rp. 243,000,000
  • HR-V 1.5L SE CVT – Rp. 255,000,000
  • HR-V 1.5T RS CVT – Rp. 305,000,000